ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT TABUNGAN MASYARAKAT DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI JAWA BARAT TAHUN 2010-2017

Regista Agriana Pratama, 154030128 and Endang Rostiana.SE.,MT, Pembimbing 1 (2019) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT TABUNGAN MASYARAKAT DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI JAWA BARAT TAHUN 2010-2017. Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan FEB Unpas.

[img]
Preview
Text
abstrak-.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III-.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (461kB) | Preview

Abstract

Abstrak Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat tabungan masyarakat di kabupaten/kota Provinsi Jawa Barat tahun 2010-2017. Variabel dalam penelitian ini adalah Pendapatan perkapita (PDRB perkapita), tingkat inflasi, tingkat suku bunga, dan rasio ketergantungan sebagai variabel bebas dan Tabungan masyarakat sebagai variabel terikat. Pada penelitian ini terdapat penambahan variabel lag yaitu tabungan masyarakat periode sebelumnya (Tbt-1) sebagai upaya untuk mendapatkan hasil persamaan regresi yang sesuai. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa data panel dengan cross-section 25 kabupaten/kota dan time series selama 8 tahun. Alat analisis yang digunakan berupa regresi data panel dengan metode fixed effect. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linear berganda menggunakan aplikasi Eviews 10 dan sebelum dilakukan hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa tingkat inflasi (IF), tingkat suku bunga rill (SB), rasio ketergantungan (RK) serta tabungan periode sebelumnya (TB-1) secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tabungan masyarakat (TB) di kabupaten/kota Provinsi Jawa Barat tahun 2010-2017. Sedangkan pendapatan perkapita (PP) secara parsial mempunyai pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap tabungan masyarakat (TB). Kemudian diperoleh hasil bahwa secara simultan pendapatan perkapita (PP), tingkat inflasi (IF), tingkat suku bunga rill (SB), rasio ketergantungan (RK) serta tabungan masyarakat periode sebelumnya (TB-1) berpengaruh signifikan terhadap tabungan masyarakat (TB) di kabupaten/kota Provinsi Jawa Barat tahun 2010-2017 sebesar 91,94% dan sisanya sebesar 8.05% di jelaskan oleh faktor-faktor lain diluar persamaan dalam penelitian ini. Kata kunci : Tabungan masyarakat, Pendapatan perkapita, tingkat inflasi, tingkat suku bunga, rasio ketergantungan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Studi Pembangunan 2015
Depositing User: mr Nugraha Pangestu
Date Deposited: 06 Sep 2019 02:14
Last Modified: 06 Sep 2019 02:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42962

Actions (login required)

View Item View Item