PERBUATAN MELAWAN HUKUM ATAS PEMBANGUNAN YANG MELEWATI PEMBATAS RUMAH TETANGGA DI PERUMAHAN MODERN HILL CLUSTER NEO AGATHIS TANGERANG SELATAN DIKAJI DARI BUKU III KUH PERDATA

Rizal Akbar Ali, 151000341 (2019) PERBUATAN MELAWAN HUKUM ATAS PEMBANGUNAN YANG MELEWATI PEMBATAS RUMAH TETANGGA DI PERUMAHAN MODERN HILL CLUSTER NEO AGATHIS TANGERANG SELATAN DIKAJI DARI BUKU III KUH PERDATA. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Hukum Unpas.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Perbuatan melawan hukum atas pembangunan yang melewati pembatas rumah tetangga di perumahan Modern Hill Cluster Neo Agathis Tangerang Selatan; penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terjadinya perbuatan melawan hukum atas pembangunan yang melewati pembatas rumah tetangga, akibat hukum dari perbuatan melawan hukum atas pembangunan yang melewati pembatas rumah tetangga dikaji dari Buku III KUH Perdata, dan penyelesaian dari Perbuatan melawan hukum atas pembangunan yang melewati pembatas rumah tetangga di perumahan Modern Hill Cluster Neo Agathis Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-analitis, yaitu suatu metode penelitian dengan mengungkapkan masalah, menganalisis, meneliti, dan menginterpretasikan serta membuat kesimpulan dan memberi saran tentang perbuatan melawan hukum atas pembangunan yang melewati pembatas rumah tetangga di perumahan Modern Hill Cluster Neo Agathis Tangerang Selatan dikaji dari buku III KUH Perdata. Metode pendekatan yang digunakan adalah metode pendekatan yuridis normatif, penelitian difokuskan untuk mengkaji penerapan kaidah-kaidah atau norma-norma dalam hukum positif. Tahap penelitian meliputi penelitian kepustakaan yaitu penelitian terhadap data sekunder berupa peraturan perundang-undangan, buku-buku yang relevan, serta hasil penelitian, dan bahan hukum tersier berupa penjelasan terhadap bahan hukum primer dan sekunder, penelitian lapangan yaiPtu penelitian langsung terhadap objek penelitian. Teknik pengumpulan data meliputi studi dokumen yaitu suatu alat pengumpul data, yang digunakan melalui data tertulis dan wawancara, yaitu cara untuk memperoleh informasi dengan bertanya langsung kepada pihak yang terlibat dalam masalah yang diteliti. Alat pengumpul data dalam penelitian kepusatakaan berupa catatan dalam teknik pengumpulan data. Analisis data menggunakan metode yuridis kualitatif, yaitu mengalisis data sekunder dan data primer yang dianalisis. Berdasarkan hasil penelitian bahwa perbuatan melawan hukum atas pembangunan yang melewati pembatas rumah tetangga tersebut disebabkan oleh pembangunan berupa renovasi di lantai 2 rumah dan secara tidak sengaja melewati pembatas rumah tetangga dan mengambil ha katas tanah seseorang, sehingga menyebabkan kerugian secara materiil, idiil dan imateriil. Akibat hukum dari perbuatan melawan hukum atas pembangunan yang melewati pembatas rumah tetangga tersebut yaitu telah terbukti melanggar Pasal 1365 KUH Perdata karena telah memenuhi unsur-unsur perbuatan melawan hukum, yaitu : adanya suatu perbuatan, adanya kesalahan, adanya kerugian dan adanya hubungan kausalitas antara perbuatan dengan kerugian. Solusi atas perbuatan melawan hukum atas pembangunan yang melewati pembatas rumah tetangga tersebut, yaitu dengan cara membongkar bangunan tambahan di lantai 2 sesuai dengan Putusan Pengadilan Negeri Tangerang Nomor 715/Pdt.G/2018/PN Tng. KATA KUNCI : Perbuatan Melawan Hukum, Izin Mendirikan Bangunan, Perumahan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2018
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 05 Sep 2019 15:10
Last Modified: 13 Sep 2019 06:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42947

Actions (login required)

View Item View Item