TANGGUNG JAWAB AHLI WARIS DALAM PENYELESAIAN HUTANG BERDASARKAN PERJANJIAN PINJAM-MEMINJAM ANTARA PEWARIS DAN PIHAK PEMBERI PINJAMAN DIHUBUNGKAN DENGAN KUHPERDATA

Bunga Aulya Alyka, 151000091 (2019) TANGGUNG JAWAB AHLI WARIS DALAM PENYELESAIAN HUTANG BERDASARKAN PERJANJIAN PINJAM-MEMINJAM ANTARA PEWARIS DAN PIHAK PEMBERI PINJAMAN DIHUBUNGKAN DENGAN KUHPERDATA. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Hukum Unpas.

[img] Text
I. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
J. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img]
Preview
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
A. COVER.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
D. DAFTAR ISI.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
F. BAB I.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
G. BAB II.pdf

Download (681kB) | Preview
[img] Text
h. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)

Abstract

Seiring perkembangan zaman untuk mendapatkan modal kerja ada cara yang dapat ditempuh, diantaranya dengan meminjam sejumlah uang kepada pihak lain. Berdasarkan perjanjian pinjam-meminjam, hutang yang terjadi karena peminjaman uang hanya terdiri atas jumlah uang yang disebutkan dalam perjanjian. Apabila seseorang meninggal dunia maka hutang yang dibuatnya diturunkan kepada ahli waris. Ahli waris yang bersedia menerima warisan, harus ikut memikul pembayaran hutang pewaris. Penelitian ini membahas permasalahan wanprestasi yang dilakukan ahli waris berdasarkan surat pernyataan pengakuan hutang antara pewaris dan pihak pemberi pinjaman dihubungkan dengan KUHPerdata, tanggung jawab ahli waris dalam penyelesaian hutang berdasarkan perjanjian pinjam-meminjam antara pewaris dan pihak pemberi pinjaman dihubungkan dengan KUHPerdata, dan penyelesaian hutang oleh ahli waris berdasarkan perjanjian pinjam-meminjam antara pewaris dan pihak pemberi pinjaman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif Analitis yaitu menggambarkan masalah-masalah secara menyeluruh dan sistematis yang kemudian dianalisa melalui data berdasarkan teori dan konsep yang digunakan. Metode pendekatan yang digunakan adalah Yuridis Normatif yaitu penelitian terhadap asas-asas hukum dilakukan dengan norma-norma hukum yang berlaku. Tahap penelitian yang digunakan yaitu melalui penelitian kepustakaan serta studi lapangan dengan melakukan wawancara kepada pihak pemberi pinjaman. Alat pengumpulan data dengan cara menginventarisasi bahan-bahan hukum yang relevan dan pengambilan data kemudian di analisis secara Yuridis Kualitatif yaitu analisis dengan tanpa rumus statistik. Dari hasil penelitian wanprestasi yang dilakukan oleh ahli waris terhadap pihak pemberi pinjaman adalah terlambatnya pembayaran hutang dan ahli waris tidak dapat melunasi hutang tersebut, tanggung jawab ahli waris dalam penyelesaian hutang berdasarkan perjanjian pinjam meminjam antara pewaris dan pihak pemberi pinjaman adalah ahli waris berkewajiban untuk melunasi seluruh hutang yang ditinggalkan oleh pewaris sebagaimana kesepakatan sebelumnya dan penyelesaian sengketa dalam upaya penyelesaian hutang oleh ahli waris dalam perjanjian pinjam meminjam antara pewaris dan pihak pemberi pinjaman adalah memilih musyawarah apabila tidak terpenuhi maka melalui proses beracara di pengadilan yang bertujuan untuk mendapatkan keadilan. Kata Kunci : Tanggung Jawab, Ahli Waris, Penyelesaian Hutang.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2018
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 05 Sep 2019 15:02
Last Modified: 13 Sep 2019 06:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42946

Actions (login required)

View Item View Item