PEMBELAJARAN MENGANALISIS CERITA PENDEK BERFOKUS PADA NILAI PENDIDIKAN KARAKTERISASI TOKOH DAN PENOKOHAN DENGAN METODE SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION DI KELAS XI SMAN 1 MARGAASIH TAHUN PELAJARAN 2019/2020

ISTIQOMAH TIARA KHATULISTIWA, 155030054 (2019) PEMBELAJARAN MENGANALISIS CERITA PENDEK BERFOKUS PADA NILAI PENDIDIKAN KARAKTERISASI TOKOH DAN PENOKOHAN DENGAN METODE SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION DI KELAS XI SMAN 1 MARGAASIH TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia harus dilaksanakan dengan efektif agar mampu menimbulkan minat dan perhatian peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Penulis melakukan penelitian dengan judul Pembelajaran Menganalisis Cerita Pendek Berfokus pada Nilai Pendidikan Karakterisasi Tokoh dan Penokohan dengan Metode Spontaneous Group Discussion Di Kelas XI SMAN 1 Margaasih Tahun Pelajaran 2019/2020. Rumusan masalah yang diajukan diantaranya (1) Apakah penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai kegiatan pembelajaran menganalisis nilai pendidikan karakterisasi tokoh dan penokohan dalam cerita pendek dengan metode Spontaneous Group Discussion pada siswa kelas XI SMAN 1 Margaasih? (2) Apakah peserta didik kelas XI IPS 1 XI SMAN 1 Margaasih mampu menganalisis nilai pendidikan karakterisasi tokoh dan penokohan dengan metode Spontaneous Group Discussion? (2) Efektifkah metode Spontaneous Group Discussion digunakan dalam pembelajaran menganalisis nilai pendidikan karakterisasi tokoh dan penokohan dalam cerita pendek pada siswa kelas XI SMAN 1 Margaasih? Adapun hasil nilai rata-rata pelaksanaan pembelajaran nilai rata-rata pelaksanaan pelajaran adalah 3,98. Hasil Prates dengan rata-rata 36,33 dan hasil Pascates dengan rata-rata 83,83 perbedaan ini menunjkan selisih 83,83-36,66 = 47,17, sehingga menghasilkan peringkatan dari Prates dan Pascates sebesar 47,17. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung > ttabel , yaitu 14,38 > 2,82 pada tingkat kepercayaan 95%, dan derajat kebebasan sebesar 29. Berdasarkan fakta tersebut penulis menyimpulkan bahwa penelitian pembelajaran menganalisis cerita pendek berfokus pada nilai pendidikan karakterisasi tokoh dan penokohan dengan metode Spontaneous Group Discussion kelas XI SMAN 1 Margaasih tahun pelajaran 2019/2020 sudah dilaksanakan dan berhasil dengan baik. Kata Kunci: Menganalisis, Metode Spontaneous Group Discussion, Teks Cerita Pendek

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2019 10:33
Last Modified: 05 Sep 2019 10:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42924

Actions (login required)

View Item View Item