PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG TERIGU DENGAN TEPUNG TALAS (Colocasia esculenta L.) DAN KONSENTRASI PUREE WORTEL (Daucus carota L.) TERHADAP KARAKTERISTIK MAKARONI

Syahid Achmadi, 143020152 and Neneng Suliasih, DS (2019) PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG TERIGU DENGAN TEPUNG TALAS (Colocasia esculenta L.) DAN KONSENTRASI PUREE WORTEL (Daucus carota L.) TERHADAP KARAKTERISTIK MAKARONI. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Syahid Achmadi_143020152_Teknologi Pangan.pdf

Download (326kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan tepung terigu dengan tepung talas dan konsentrasi puree wortel terhadap karakteristik makaroni. Manfaat penelitian ini adalah untuk mengurangi ketergantungan terhadap tepung terigu dengan memanfaatkan bahan baku lokal berupa talas dan wortel, kemudian untuk menghasilkan produk makaroni dengan nilai gizi yang tinggi. Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah pola faktorial (3x3) dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 3 kali ulangan. Rancangan perlakuan yang dilakukan pada penelitian ini terdiri dari dua faktor yaitu faktor perbandingan tepung terigu dengan tepung talas (A) yang terdiri dari 3 taraf yaitu a1 (1:1), a2 (2:1), a3 (3:1) dan konsentrasi puree wortel (B) yang terdiri dari 3 taraf yaitu b1 (5%), b2 (10%), dan b3 (15%). Variabel respon meliputi respon organoleptik (uji hedonik atribut warna, rasa, aroma dan kekenyalan), kimia (kadar air dan kadar pati), fisik (uji kekerasan tekstur dan uji daya serap air) dan analisis sampel terpilih (aktivitas antioksidan dan total karotenoid). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor perbandingan tepung terigu dengan tepung talas (A) berpengaruh nyata terhadap kadar air, kadar pati, kekerasan, daya serap air, warna, rasa dan kekenyalan makaroni, namun tidak berpengaruh nyata terhadap aroma makaroni. Faktor konsentrasi puree wortel (B) berpengaruh nyata terhadap kadar air, kekerasan, warna, rasa dan kekenyalan makaroni, namun tidak berpengaruh nyata terhadap kadar pati, daya sera air dan aroma makaroni. Interaksi perbandingan tepung terigu dengan tepung talas dan konsentrasi puree wortel (AB) berpengaruh nyata terhadap kekerasan, warna, aroma, rasa dan kekenyalan makaroni, namun tidak berpengaruh nyata terhadap kadar air, kadar pati dan daya serap air makaroni. Produk makaroni yang terpilih adalah perlakuan a1b3 dengan perbandingan tepung terigu dengan tepung talas (1:1) dan konsentrasi puree wortel (15 %) dengan kadar air 4%, kadar pati 70,55%, daya serap air 221,24%, tekstur kekerasan 3,92 mm/detik/100gram, aktivitas antioksidan (DPPH) 3911,05 ppm, dan total karotenoid 0, 6216 ppm. Kata kunci: perbandingan tepung terigu dengan tepung talas, konsentrasi puree wortel, makaroni.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 05 Sep 2019 04:15
Last Modified: 05 Sep 2019 04:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42885

Actions (login required)

View Item View Item