PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL KEUANGAN PERUSAHAAN DAN INFORMASI NON AKUNTANSI TERHADAP TINGKAT YIELD OBLIGASI (Studi pada Perusahaan Perbankan Sektor Bank Umum Swasta Nasional Devisa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018 berdasarkan PEFINDO)

Yuni Maryani, 154020084 and Dr.H.Atang Hermawan,S.E.,MSIE.AK, Pembimbing 1 and M.Ridwan,SE.,M.Si.,AK.,CA, Pembimbing 2 (2019) PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL KEUANGAN PERUSAHAAN DAN INFORMASI NON AKUNTANSI TERHADAP TINGKAT YIELD OBLIGASI (Studi pada Perusahaan Perbankan Sektor Bank Umum Swasta Nasional Devisa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018 berdasarkan PEFINDO). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan FEB Unpas.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO INGGRIS.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (713kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Obligasi merupakan suatu instrument investasi, maka investor sangat memerlukan yield (imbal hasil) yang diperoleh dari instrument tersebut. Imbal hasil obligasi merupakan hasil yang diperoleh dari menginvestasikan sejumlah dana pada suatu obligasi. Banyak faktor yang dapat memengaruhi imbal hasil obligasi perusahaan. Beberapa diantaranya adalah likuiditas, leverage, ukuran perusahaan dan suku bunga. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran bagaimana faktor fundamental keuangan perusahaan, informasi non akuntansi dan tingkat yield obligasi pada perusahaan perbankan sektor bank umum swasta nasional devisa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018 berdasarkan PEFINDO serta mengetahui pengaruh faktor fundamental keuangan perusahaan dan informasi non akuntansi terhadap tingkat yield obligasi baik secara parsial maupun simultan. Fundamental dari keuangan perusahaan pada penelitian ini di wakili oleh likuiditas, leverage, ukuran perusahaan, sementara informasi non-akuntansi diwakili oleh suku bunga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif. Populasi dari penelitian ini yaitu sebanyak 62 obligasi, perusahaan perbankan sektor bank umum swasta nasional devisa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018 berdasarkan PEFINDO. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan total 27 obligasi dari 3 perusahaan yang memenuhi kriteria. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji asumsi klasik, analisis korelasi, analisis regresi linier berganda dan koefisien determinasi. Sedangkan pengujian hipotesis yang digunakan adalah metode statistik uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji F) menggunakan SPSS 23 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial likuiditas tidak berpengaruh terhadap tingkat yield obligasi, leverage berpengaruh terhadap tingkat yield obligasi, ukuran perusahaan berpengaruh terhadap tingkat yield obligasi dan suku bunga tidak berpengaruh terhadap tingkat yield obligasi. Dan secara simultan likuiditas, leverage, ukuran perusahaan dan suku bunga berpengaruh terhadap tingkat yield obligasi. Kata Kunci: Hasil Obligasi, Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahan, Suku Bunga

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2015
Depositing User: mr Nugraha Pangestu
Date Deposited: 05 Sep 2019 03:35
Last Modified: 05 Sep 2019 03:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42872

Actions (login required)

View Item View Item