PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI SUGESTIF BERBASIS KONFLIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 56 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SANIA ELSA ADIKA, 155030112 (2019) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI SUGESTIF BERBASIS KONFLIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 56 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (905kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sulitnya keterampilan menulis pada peserta didik. Kurangnya keterampilan menulis terutama dalam menulis teks narasi sugestif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan dan menilai kegiatan pembelajaran menulis teks narasi sugestif berbasis konflik dengan menggunakan model inkuiri; mengetahui kemampuan peserta didik dalam menulis teks narasi sugestif berbasis konflik dengan menggunakan model inkuiri; dan mengetahui keefektifan model inkuiri yang digunakan dalam pembelajaran menulis teks narasi berbasis konflik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: observasi, tes, telaah pustaka, dan uji coba. Adapun hasil penelitian yaitu, penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis teks narasi sugestif berbasis konflik pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 56 Bandung. Hal ini terbukti dengan hasil nilai yang didapat penulis dari pendidik mata pelajaran terkait sebesar 3,75 dengan kategori sangat kompeten. Peserta didik kelas VII SMP Negeri 56 Bandung mampu menulis teks narasi sugestif berbasis konflik dengan menggunakan model inkuiri. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata prates sebesar 35,7 dan nilai rata-rata pascates sebesar 74,4. Nilai tersebut menunjukkan, bahwa terjadi peningkatan sebesar 38,7. Model inkuiri efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks narasi sugestif. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung 19,9 > ttabel 2,53 pada tingkat kepercayaan 95% dan derajat kebebasan 5%. Dengan demikian , penulis dapat menyimpulkan, bahwa adanya keberhasilan dalam penelitian tersebut. Kata Kunci : inkuiri, konflik, menulis, narasi sugestif, teks.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
PRESENTATION
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 04 Sep 2019 07:46
Last Modified: 04 Sep 2019 07:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42831

Actions (login required)

View Item View Item