ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN BUKALAPAK VERSI ZAMAN TAK BISA DILAWAN TAPI BISA DIAJAK BERKAWAN PADA YOUTUBE

PUTRI TAMU PAMUNGKAS, 152050416 (2019) ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN BUKALAPAK VERSI ZAMAN TAK BISA DILAWAN TAPI BISA DIAJAK BERKAWAN PADA YOUTUBE. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
DAFTAR PUSTAKA FIX.docx

Download (19kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img]
Preview
Image
lembar pengesahan.jpg

Download (61kB) | Preview
[img] Text
COVER FIX.docx

Download (65kB)
[img] Text
BAB I FIX.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB II FIX.docx

Download (81kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Analisis Semiotika Iklan BukalapakVersi “ Zaman takbisadilawan , tapibisadiajakberkawan “. Merupakan sebuah iklan dari Bukalapakyang memberikna tayangan penuh makna mengenai pentingnyateknologidalammelakukantransaksimitrausaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna dari setiap simbol-simbol yang ditampilkan dalam iklan BukalapakVersi “ Zaman takbisadilawan , tapibisadiajakberkawan “yang ditanyangkan di YouTube. Pada penelitian ini makna yang diuraikan menjadi tiga makna sesuai dengan konsep Semiotika Charles Sander Pierce yaitu representamen, objek dan interpretan. Selain untuk mengetahui makna yang terkandung dari simbo-simbol yang ditampilkan, pada penelitian ini juga ditujukan untuk mengetahui bagaimana konstruksi realitas soaial yang coba dibangun melalui iklan tersebut. Iklan ini menggunakan pendekatan metode kualitatif, dengan pendekatan teori yang digunakan adalah teori semiotika Charles Sanders Pierce. Penelitian kualitatif memungkinkan penelitian untuk dijelaskan secara terperinci dan detail dengan gaya tulisan naratif. Data dan fakta yang ditemukan selama penelitian dijelaskan secara deskriftif kedalam bentuk paragaraf. Berdasarkan hasil penelitian ini makna yang terkandung menunjukan bahwa setiap simbol yang ditampilkan memiliki pemaknaan yang mengarah pada pesan sosial. Selain itu realitas sosial yang dibangun dalam iklan tersebut memiliki pengaruh sosial yang dapat merubah perilaku dan pandangan masyarakat. Makna yang tersirat dari iklan tersebut adalah mereka ingin menyampaikan bahwakitaharuspekaterhadapteknologi yang adadanmencobauntukbisabertemandengan zaman dimanakitaharusbisamengikutiperkembanganzaman,terutamapadapemilikmitrausahakarenadenganteknologiakanmembuatusahakitalebihberkembang , efisiendanlebihbanyakmendapatkankeuntungankhususnyadariMitra Usaha Bukalapak.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 04 Sep 2019 07:32
Last Modified: 04 Sep 2019 07:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42826

Actions (login required)

View Item View Item