PEMBELAJARAN MENGUNGKAPKAN KEMBALI KETELADANAN DALAM TEKS BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK TALK WRITE PADA KELAS X SMAN 2 KAB.TANGERANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Fanny Siti Rahmayanti, 155030035 (2019) PEMBELAJARAN MENGUNGKAPKAN KEMBALI KETELADANAN DALAM TEKS BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK TALK WRITE PADA KELAS X SMAN 2 KAB.TANGERANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover PDF.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BI PDF.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS PDF 1.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA PDF.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PDF.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II PDF.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III PDF.pdf

Download (716kB) | Preview
[img] Text
BAB IV PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf

Download (146kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran biografi berkaitan dengan keterampilan menulis, salah satunya menuliskan karakter unggul, cara meneladani kepribadian unggul dan menuliskan simpulan dari analisis dengan menggunakan metode Think Talk Write. Berkaitan dengan hal tersebut maka penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran mengungkapkan kembali keteladanan dalam teks biografi dengan menggunakan metode think talk write pada peserta didik kelas X SMAN 2 Kab. Tangerang Tahun Pelajaran 2018/2019. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran mengungkapkan kembali keteladanan dalam teks biografi. Hal ini dapat dibuktukan nilai rata-rata perencanaan pada kelas ekspserimen 3,4 berkategori baik, pada kelas kontrol sebesar 3,3 berkategori baik. Pada perencanaan penulis mendapatkan rata-rata nilai pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 3,7 berkategori baik; 2) Peserta didik SMAN 2 Kab. Tangerang mampu mengikuti pembelajaran. Hal tersebut dapat dibuktikan berdasarkan hasil pretes dan postes; 3) Hasil belajar di kelas eksperimen memperoleh rata-rata nilai 53,1 dan hasil postes rata-rata nilai 76,5. Sedangkan hasil rata-rata nilai pretes dan postes kelas kontrol sebesar 41,3 dan hasil postes sebesar 51; 4) Penggunaan metode think talk write efektif digunakan pada pembelajaran mengungkapkan kembali keteladanan dalam teks biografi. Hal tersebut terbukti pada uji Mann-Whitney menunjukan hasil Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai 0,05; 5) Ada perbedaan keefektifan model think talk write sebagai kelas eksperimen dan metode diskusi pada kelas kontrol pada pembelajaran mengungkapkan kembali keteladanan dalam teks biografi. Uji N-Gain Score rata-rata nilai untuk kelas eksperimen sebesar 48,54 kategori cukup efektif, sedangkan di kelas kontrol sebesar 16,55 kategori tidak efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 04 Sep 2019 06:49
Last Modified: 04 Sep 2019 06:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42809

Actions (login required)

View Item View Item