PEMBELAJARAN MENELAAH STRUKTUR TEKS PERSUASI YANG BERORIENTASI PADA RANGKAIAN ARGUMEN DAN PERNYATAAN PERSUASIF DENGAN METODE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VIII SMPN 10 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Leni Risnawati, 155030037 (2019) PEMBELAJARAN MENELAAH STRUKTUR TEKS PERSUASI YANG BERORIENTASI PADA RANGKAIAN ARGUMEN DAN PERNYATAAN PERSUASIF DENGAN METODE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VIII SMPN 10 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (520kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran menelaah struktur teks persuasi yang berorientasi pada rangkaian argumen dan pernyataan persuasif, diharuskan menggunakan metode pembelajaran yang melatih siswa untuk berpikir kritis. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode group investigation yang bertujuan untuk memecahkan permasalahan peserta didik dalam menelaah struktur teks persuasi yang berorientasi pada rangkaian argumen dan pernyataan persuasif. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menelaah struktur teks persuasi yang berorientasi pada rangkaian argumen dan pernyataan persuasif dengan menggunakan metode group investigation pada peserta didik kelas VIII SMPN 10 Bandung Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,84. 2) Kemampuan peserta didik kelas VIII SMPN 10 Bandung dalam menelaah struktur teks persuasi yang berorientasi pada rangkaian argumen dan pernyataan persuasif menggunakan metode group investigation lebih baik dibandingkan peserta didik yang menggunakan metode diskusi. Hal ini dibuktikan dari hasil pretes dan postes. 3) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dalam pembelajaran menelaah struktur teks persuasi yang berorientasi pada rangkaian argumen dan pernyataan persuasif dengan metode group investigation lebih meningkat dibandingkan peserta didik kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi. Hal ini dibuktikan dari jumlah rangking kelas eksperimen sebesar 325,00 > 319,00 pada kelas kontrol. 4) Metode group investigation efektif digunakan dalam pembelajaran menelaah struktur teks persuasi yang berorientasi pada rangkaian argumen dan pernyataan persuasif pada peserta didik kelas VIII SMPN 10 Bandung. Hal ini dibuktikan dari nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. 5) Metode group investigation lebih efektif dibandingkan dengan metode diskusi dalam pembelajaran menelaah struktur teks persuasi yang berorientasi pada rangkaian argumen dan pernyataan persuasif. Dibuktikan dari nilai rata-rata N-Gain Score kelas eksperimen (metode group investigation) sebesar 75,55 kategori cukup efektif sedangkan nilai rata-rata N-Gain Score kelas kontrol (metode diskusi) sebesar 34,05 kategori tidak efektif. Kata kunci: Pembelajaran, menelaah, struktur, teks persuasi, rangkaian argumen, pernyataan persuasif, metode group investigation.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 04 Sep 2019 06:43
Last Modified: 04 Sep 2019 06:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42807

Actions (login required)

View Item View Item