PENGARUH PERILAKU BIROKRASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PADA BADAN PENGELOLAAN PENDAPATAN DAERAH KOTA BANDUNG

Dhafin Azurry, 152010223 (2019) PENGARUH PERILAKU BIROKRASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PADA BADAN PENGELOLAAN PENDAPATAN DAERAH KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan peneliti di Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung, diperoleh bahwa kualitas pelayanan pajak bumi dan bangunan masih kurang baik dan masih banyak yang harus diperbaiki. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kesadaran dalam menjalankan peraturan dan kehandalan pegawai dalam melayani masyarakat. Objek penelitian pada penelitian ini adalah pengaruh perilaku birokrasi terhadap kualitas pelayanan pajak bumi dan bangunan di Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung, teknik analisis data menggunakan rumus-rumus yang perhitungannya dengan bantuan SPSS (Statistical Product and Service Solutions). Penelitian ini menggunakan teori tentang perilaku birokrasi, kualitas pelayanan, dan teori yang berhubungan dengan penelitian ini dengan menggunakan data sekunder, yaitu melalui dokumen-dokumen seperti struktur organisasi, visi, misi, tugas pokok fungsi, jumlah pegawai dan lain-lain. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data dan penelitian lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara dan angket yang disebarkan kepada responden sebanyak 35 orang masyarakat menggunakan teknik sampling aksidental dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian mengenai pengaruh perilaku birokrasi terhadap kualitas pelayanan yaitu berdasarkan kriteria interprestasi koefisien determenasi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang ekuat yaitu sebesar 78,9% antara perilaku birokrasi terhadap kualitas pelayanan pajak bumi dan bangunan di Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung dan pengaruh lain selain perilaku birokrasi terhadap kualitas pelayanan sebesar 21,1%. Kesimpulan yang dapat diambil, yaitu perlu adanya sistem kontrol yang rutin dari Kepala Sub Bidang Pajak Bumi dan Bangunan agar para pegawai dapat melaksanakan pelayanan dengan baik, cepat dan memperhatikan pekerjaan yang dilakukan pegawai tersebut dengan target waktu yang telah ditentukan. Kepala Sub Bidang Pajak Bumi dan Bangunan diupayakan dapat memenuhi kebutuhan para pegawai terkait dengan sarana dan prasarana agar pelaksanaan pelayanan yang dilakukan oleh para pegawai dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan pelayanan yang baik dan sesuai yang telah ditetapkan. Saran-saran yang dapat peneliti kemukakan berupa saran praktis dengan lebih memperhatikan hal-hal yang harus dilakukan dan saran akademis dengan memperluas wawasan, ilmu pengetahuan dan mengembangkan data serta infromasi mengenai pentingnya perilaku birokrasi terhadap kualitas pelayanan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 03 Sep 2019 04:06
Last Modified: 03 Sep 2019 04:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42701

Actions (login required)

View Item View Item