KERJASAMA INDONESIA DAN AUSTRALIA DALAM PENINGKATAN KUALITAS KESEHATAN IBU DAN BAYI BARU LAHIR DI NUSA TENGGARA TIMUR MELALUI PROGRAM AIPMNH

Falih Rif’atul Mawaddah, 152030172 (2019) KERJASAMA INDONESIA DAN AUSTRALIA DALAM PENINGKATAN KUALITAS KESEHATAN IBU DAN BAYI BARU LAHIR DI NUSA TENGGARA TIMUR MELALUI PROGRAM AIPMNH. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI FALIH R.M..pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI FALIH R.M..pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI FALIH R.M..pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SKRIPSI FALIH R.M..pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II SKRIPSI FALIH R.M..pdf

Download (824kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI FALIH R.M..pdf

Download (484kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial, dan ekonomis. Pemeliharaan kesehatan adalah upaya penaggulangan, dan pencegahan gangguan kesehatan yang memerlukan pemeriksaan, pengobatan dan/atau perawatan termasuk kehamilan, dan persalinan. Ilmu Hubungan Internasional telah berkembang dari yang awalnya hanya terfokus kepada masalah politik dan keamanan, menjadi ilmu yang mengkaji seluruh aspek kehidupan manusia dalam konteks lintas batas negara. Salah satunya dalam masalah kesehatan. Indonesia dalam hal ini bekerjasama dengan Australia untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat terutama ibu dan bayi baru lahir melalui program Australia-Indonesia Partnership for Maternal and Neonatal Health (AIPMNH), karena Indonesia khususnya NTT adalah tempat dengan tingkat kematian ibu dan bayi tertinggi se-Asia Tenggara. Disetujuinya program ini terkait komitmen Indonesia sebagai salah satu negara penandatangan MDGs (Millenium Development Goals) atau dapat diterjemahkan menjadi “Tujuan Pembangunan Milenium”, terutama pada point ke 4 dan 5 yaitu tentang menurunkan angka kematian anak dan meningkatkan kesehatan ibu. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kerjasama antara Indonesia dan Australia dalam bidang kesehatan dan dampak dari program kerjasama tersebut terhadap peningkatan kualitas kesehatan di Indonesia, khususnya Nusa Tenggara Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis, yang menjelaskan dan menganalisis data dengan cara menggambarkan hasil penelitian melalui sejumlah data yang diperlukan, kemudian menyajikan hasil dari penelitian tersebut. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dengan mengumpulkan data-data yang bersumber dari buku-buku, dokumen, dan data-data dari internet yang tingkat kapabilitasnya terhadap permasalahan yang dihadapi dan validitasnya dapat dipertanggung jawabkan. Hasil dari penelitian ini adalah dengan dilaksanakannya kerjasama Indonesia dan Australia dalam bidang ini akan meningkatkan kualitas kesehatan dan menekan angka kematian ibu dan bayi di Indonesia, khususnya di Nusa Tenggara Timur, dan terpenuhinya komitmen Indonesia dalam MDG's. Kata Kunci: Kesehatan ibu dan bayi, AIPMNH, Nusa Tenggara Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Dokumen Unpas > 2015
Depositing User: ms Ita Bunnies -uh
Date Deposited: 01 Aug 2019 07:47
Last Modified: 01 Aug 2019 07:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42443

Actions (login required)

View Item View Item