PENGARUH E-GOVERNMENT TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANDUNG

NURILLAH JAJANG OTA, 152010015 (2019) PENGARUH E-GOVERNMENT TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
2. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (736kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan peneliti di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung, diperoleh bahwa penerapan e-government masih kurang diminati oleh sebagian masyarakat Kota Bandung dalam mengurus dan melakukan pengadministrasian dokumen kependudukan. Masalah tersebut diduga disebabkan oleh pengetahuan dan partisipasi masyarakat terhadap cara menggunakan sistem baru atau e-government masih kurang, sehingga masyarakat kurang antusias dalam melakukan pelayanan berbasis online atau e-government tersebut. Objek penelitian pada penelitian ini adalah pengaruh e-government terhadap peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung. Teknik analisis data menggunakan rumus-rumus yang perhitungannya dengan menggunakan bantuan SPSS (Statistical product and service solutions). Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian asosiatif dengan menggunakan analisis kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu studi kepustakaan dan studi lapangan. Studi lapangan terdiri dari observasi non partisipan, melakukan wawancara dengan Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil dan Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk dan kepala seksi inovasi layanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung, serta menyebarkan angket sebanyak 30 angket kepada masyarakat yang menerima pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung sebagai responden. Hasil penelitian di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung menemukan hambatan, yaitu kurangnya pengetahuan masyarakat terkait bagaimana cara menggunakan sistem e-government dalam proses pelayanan, dan kurangnya partisipasi masyarakat dalam menggunakan sistem e-government di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung. Usaha yang perlu dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu dengan cara melakukan komunikasi atau sosialisasi secara teratur terkait dengan bagaimana prosedur penggunaan sistem e-government dan harus meyakinkan masyarakat bahwa e-government dapat mempermudah kegiatan pelayanan. untuk koefisien determinasi menunjukkan pengaruh sebesar 76,1% dan bisa dikatakan terdapat pengaruh yang erat sehingga faktor lain tidak diukur dan tidak mempunyai pengaruh yang berarti. Kesimpulan yang dapat diambil, yaitu berdasarkan kriteria interpretasi koefisien determinasi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara e-government terhadap peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil Kota Bandung. Kata Kunci: Penerapan E-government, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 01 Jul 2019 05:56
Last Modified: 01 Jul 2019 05:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42273

Actions (login required)

View Item View Item