SUPRAPTI, NPM : 168020103 (2019) PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SERTA DAMPAKNYA PADA PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 36 KOTA BANDUNG. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.
|
Text
Artikel Suprapti.pdf Download (625kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Pendidikan Karakter dan Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi Belajar serta dampaknya pada Prestasi Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 36 Bandung. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumbangan pemikiran bagi SMP Negeri 36 Bandung dalam upaya meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik melalui upaya pengkajian mendalam tentang Pendidikan Karakter, Linngkungan Sekolah serta Motivasi Belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriftif analisis. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan angket disertai dengan teknik observasi dan kepustakaan. Jumlah populasi sebanyak 801 peserta didik, dan yang dijandikan sampel sebanyak 96 peserta didik. Pengumpulan data dilaksanakan pada tahun 2019. Teknik analisis data menggunakan Analisis Jalur Hasil analisi deskriptip menunjukan bahwa secara umum Pendidikan Karakter, Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Peserta Didik pada kategori Baik. Hasil analisis Verifikatif dapat diketahui bahwa Pendidikan Karakter dan Lingkungan Sekolah berpengaruh terhadap Motivasi Belajar baik secara parsial maupun simultan dan Motivasi Belajar berpengaruh terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Secara parsial variabel Pendidikan Karakter lebih dominan mempengaruhi Motivasi Belajar Peserta didik di SMP Negeri 36 Bandung dibandingkan variabel lingkungan sekolah. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Manajemen 2018 |
Depositing User: | Mrs Lusiawati - |
Date Deposited: | 25 Jun 2019 05:10 |
Last Modified: | 25 Jun 2019 05:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42241 |
Actions (login required)
View Item |