PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SIBER SEBAGAI BAHAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PIMPINAN DALAM MENGHADAPI ANCAMAN DAN SERANGAN SIBER DI MABES TNI

YUDI SUHARYADI, NPM : 168020093 (2019) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SIBER SEBAGAI BAHAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PIMPINAN DALAM MENGHADAPI ANCAMAN DAN SERANGAN SIBER DI MABES TNI. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Yudi Suryadi.docx

Download (746kB)

Abstract

Kebutuhan menjaga keamanan informasi dari ancaman dan serangan siber pada sistem informasi yang ada terhadap keutuhan, keamanan dan ketersediaan informasi merupakan menjadi syarat mutlak yang harus dipenuhi pada organisasi. Begitu banyaknya ancaman dan serangan siber membutuhkan sumber daya siber yang terintegrasi sehingga memudahkan dalam memonitoring keberlangsungan pertukaran data dalam suatu jaringan komputer. Untuk memudahkan dalam memonitoring pertukaran data tersebut, maka dibutuhkannya suatu sistem informasi siber yang dapat memberikan solusi dan bahan pengambilan keputusan bagi pimpinan terhadap adanya ancaman dan serangan siber tersebut. Metodologi penelitian yang dilakukan untuk membangun aplikasi ini adalah metode penelitian deskriptif, melalui tahap pengumpulan data dan pengembangan perangkat lunak dengan mengunakan metode waterfall. Model analisis perangkat lunak yang digunakan adalah pemodelan analisis terstruktur dan alat yang digunakan adalah Unified Modeling Language(UML). Penulis kemudian merancang sebuah program berbasis web dengan menggunaklan PHP dan Mysql sebagai database. Pimpinan dapat dengan mudah membuat keputusan secara objektif karena sistem menyediakan data yang dapat digunakan Pimpinan dalam menentukan tindakan yang harus diambil akibat adanya ancaman dan serangan siber, dalam prosesnya disesuaikan dengan aturan yang sudah ada. Dalam sistem ini, kriteria yang digunakan masih terbatas dalam lingkup yang kecil, sistem ini juga masih dapat dikembangkan menjadi lingkup yang lebih besar. KataKunci: Sistem Informasi, Siber, Keputusan.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 22 Jun 2019 07:06
Last Modified: 20 Aug 2019 02:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42240

Actions (login required)

View Item View Item