IMPLEMENTASI METODE SCORECARD DENGAN MEMPETIMBANGKAN SISTEM PENILAIAN AKREDITASI (SISPENA) DAN EVALUASI DIRI SEKOLAH (EDS)

R. DEDEN SYAMSU, NPM. 15803007 (2019) IMPLEMENTASI METODE SCORECARD DENGAN MEMPETIMBANGKAN SISTEM PENILAIAN AKREDITASI (SISPENA) DAN EVALUASI DIRI SEKOLAH (EDS). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Jurnal 1 dedy setyo oetomo_MTI copy.docx

Download (19kB)

Abstract

Penelitian ini dengan tujuan unuk mengimplementasikan metode Balanced Scorecard dengan mempertimbangkan sistem pnilaian akreditasi (Sispena) dan evaluasi diri sekolah (EDS) pada study kasus di lembaga pendidikan khususnya di SMKS Al Ilyas Malangbong. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Penelitian dilakukan dengan mengukur tingkat kinerja SMKS Al Ilyas Malangbong terhadap empat aspek (perspektif) kinerja yang ada dalam Balanced Scorecard, yaitu: perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Data primer berupa kuesioner digunakan untuk mengukur kinerja perspektif pelanggan dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, sedangkan pengukuran terhadap kinerja perspektif keuangan dan perspektif proses bisnis internal menggunakan data sekunder. Responden dalam penelitian ini adalah para siswa dan guru/karyawan SMKS Al Ilyas Malangbong. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa kinerja SMKS Al Ilyas Malangbong secara keseluruhan berada pada kategori baik. Kinerja perspektif keuangan memperoleh kinerja baik yaitu memenuhi syarat ekonomis, efektif, dan efisien. Kinerja perspektif pelanggan memperoleh nilai dengan kategori baik. Kinerja perspektif proses bisnis internal menunjukkan kinerja baik. Kinerja perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan kinerja baik. Dari hasil penelitian ini diharapkan SMKS Al Ilyas Malangbong (1) meningkatkan kinerja pada perspektif yang berada pada kategori baik menjadi sangat baik, (2) pegawai tata usaha dan tenaga perpustakaan perlu meningkatkan kualitas pelayanan kepada para siswa, (3) para guru lebih meningkatkan perhatian terhadap permasalahan belajar para siswa, (4) pimpinan sekolah semakin akomodatif dan kreatif dalam menangani setiap permasalahan sekolah, sehingga kinerja SMKS Al Ilyas Malangbong semakin lebih baik. Kata Kunci: Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal, Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Teknik Industri 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 17 May 2019 05:51
Last Modified: 17 May 2019 05:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42221

Actions (login required)

View Item View Item