KAJIAN MENGENAI SISTEM MANAJEMEN PENGADAAN BAHAN BAKU OBAT GENERIK BERBASIS SIX SIGMA DI INDUSTRI FARMASI PT. LUCAS DJAJA STUDY OF MATERIAL PROCUREMENT MANAGEMENT ON GENERIC PHARMACEUTICAL INDUSTRY IN BANDUNG BASED OF SIX SIGMA, PT. LUCAS DJAJA

Evan Nugraha, NPM : 15901025 (2019) KAJIAN MENGENAI SISTEM MANAJEMEN PENGADAAN BAHAN BAKU OBAT GENERIK BERBASIS SIX SIGMA DI INDUSTRI FARMASI PT. LUCAS DJAJA STUDY OF MATERIAL PROCUREMENT MANAGEMENT ON GENERIC PHARMACEUTICAL INDUSTRY IN BANDUNG BASED OF SIX SIGMA, PT. LUCAS DJAJA. Disertasi(S3) thesis, Perpusatakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Evan Nugraha.doc

Download (291kB)

Abstract

Evan Nugraha. Kajian Mengenai Sistem Manajemen Pengadaan Bahan Baku Obat Generik Berbasis Six Sigma di Perusahaan Farmasi PT. Lucas Djaja, di bawah bimbingan Prof. Dr. Ir. H. Iman Sudirman, DEA dan Prof. Dr. Ir. H. Sutarman, M.Sc. Adapun tujuannya, untuk mengetahui, mengkaji dan menganalisis kondisi eksisting, standar yang diharapkan, kendala-kendala yang terjadi serta strategi penguatan sistem manajemen pengadaan bahan baku yang optimal dan dapat menunjang kelancaran operasi di industri farmasi obat generik. Disertasi ini diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi pengembangan ilmu manajemen operasional khususnya; sistem pengadaan, industri farmasi obat generik, manajemen operasional, manajemen kualitas, six sigma, dan ilmu manajemen pada umumnya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan studi kasus, yaitu; rumusan masalah, proposisi studi, unit analisis, keterkaitan data untuk proposisi, kriteria interpretasi temuan-temuan serta membuat kesimpulan dan rekomendasi. Dari hasil analisis data penelitian, diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut : 1. Sistem manajemen pengadaan bahan baku obat generik yang berjalan di perusahaan farmasi belum memenuhi ekspektasi. 2. Kinerja sistem manajemen pengadaan bahan baku obat generik terhadap standar yang dapat menunjang kelancaran operasi di perusahaan farmasi belum dipahami dengan baik. 3. Diketahuinya kendala-kendala yang terjadi dalam sistem manajemen pengadaan bahan baku obat generik yang optimal di perusahaan farmasi. 4. Perlu dirumuskan strategi penguatan sistem manajemen pengadaan bahan baku obat generik yang optimal dan dapat menunjang kelancaran operasi di perusahaan farmasi. Kata Kunci : Sistem Manajemen Pengadaan Bahan Baku, Perusahaan Farmasi Obat Generik, Six Sigma.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 13 May 2019 05:04
Last Modified: 13 May 2019 05:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42145

Actions (login required)

View Item View Item