Nur Baiti, NPM : 178010009 (2019) STRATEGI DAYA SAING TRANSPORTASI PADA PT. JAYA PRIMA UTAMA LESTARI BANDUNG. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.
Text
JURNAL NURBAITI (178010009).docx Download (76kB) |
Abstract
Memasuki masa era globalisasi saat ini perkembangan teknologi yang semakin pesat membawa dampak perubahan dalam berbagai aspek kehidupan, salah satunya dalam hal kebutuhan hidup yang semakin beranekaragam. Persaingan global pada masa ini memberikan banyak pilihan kepada konsumen, dimana mereka semakin sadar biaya (cost conscious) dan sadar nilai (value conscious) dalam menggunakan produk dan jasa yang berkualitas tinggi. PT. Jaya Prima Utama Lestari Bandung merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa yang menyediakan pelayanan berupa transportasi bus pariwisata. Berkenaan hal diatas, peneliti mengambil judul penelitian Strategi Daya Saing Transportasi Pada PT. Jaya Prima Utama Lestari Bandung. Penelitian tersebut terbatas pada teori mengenai daya saing dilihat dengan teori dari muhardi (2007). Teori muhardi terdapat lima indikator yaitu lokasi, harga, pelayanan, mutu dan kualitas serta promosi. Lokus/tempat wilayah yang diambil oleh peneliti untuk penelitian ini adalah PT. Jaya Prima Utama Lestari Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survey dengan pendekatan kualitatif. Peneliti akan menguji dengan teori yang dikemukakan oleh Muhardi (2007) mengenai strategi daya saing, selanjutnya peneliti membuat dan menguji rumusan masalah dari teori tersebut, terakhir peneliti mengoperasionalisasikan variabel-variabel yang ada dari teori tersebut. Penelitian ini menggunakan informan sebagai sumber data penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan melakukan studi dokumentasi. Narasumber atau informan yang diwawancarai oleh peneliti adalah supervisior PT. Jaya Prima Utama Lestari Bandung, Karyawan PT. Jaya Prima Utama Lestari Bandung, konsumen dari PT. Jaya Prima Utama Lestari Bandung dan Dinas pemerintah terkait (Dinas Perhubungan). Kesimpulan hasil penelitian adalah: faktor daya saing yang meliputi lokasi, harga, pelayanan, mutu dan kualitas serta promosi semuanya sudah cukup baik. Untuk mampu bersaing perusahaan perlu meningkatkan performa dari masing-masing bagian. Dilihat dari kelima dimensi yang ada, mutu dan kualitas perlu adanya armada bus dengan fasilitas yang lengkap dengan adanya toilet dalam bus dan menjalin kerjasama dengan komunitas serta PO bus lain yang ada di kota Bandung khususnya. Kata Kunci : Daya saing transportasi
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2018 |
Depositing User: | Mrs Lusiawati - |
Date Deposited: | 04 May 2019 02:54 |
Last Modified: | 04 May 2019 02:54 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42134 |
Actions (login required)
View Item |