PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

DESTY RARA PRINGGANDINIE, 065050035 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (535kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (888kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini tentang pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa SMP. Brain based learning merupakan sistem pembelajaran berdasarkan struktur dan cara kerja otak. Menurut Given (Setiahati, 2008:30) bahwa otak mengembangkan lima sistem pembelajaran primer yaitu emosional, sosial, kognitif, fisik, dan reflektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Brain Based Learning lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, 2) mendeskripsikan sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Brain Based Learning, 3) mengetahui korelasi positif sikap siswa terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lengkong, dua kelas dipilih secara acak untuk dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes hasil belajar dan skala sikap. Hasil penelitian ini adalah 1) hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran dengan model Brain Based Learning lebih baik secara signifikan daripada siswa yang pembelajarannya dengan menggunakan pembelajaran konvensional. 2) Sebagian besar siswa menunjukkan sikap yang positif terhadap pembelajaran yang telah dilakukan. 3) korelasi antara hasil belajar siswa dengan sikap siswa menunjukkan korelasi yang tinggi. Secara umum pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Brain Based Learning secara signifikan berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Brain, Based, Learning, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2010
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 30 Apr 2019 01:31
Last Modified: 30 Apr 2019 01:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42127

Actions (login required)

View Item View Item