Penerapan Strategi Pembelajaran Situation-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Efikasi Diri Matematik Pada Siswa SMA

CANRIS JULIKA S, NPM : 178060030 (2019) Penerapan Strategi Pembelajaran Situation-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Efikasi Diri Matematik Pada Siswa SMA. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Artikel Canris Julika S.pdf

Download (723kB) | Preview

Abstract

Abstrak. Penelitian ini adalah penelitian mix methods dengan desain sequential explanatori. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Pasundan 7 Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan peningkatan kemampuan literasi, kemampuan pemecahan masalah matematis dan efikasi diri matematik siswa. Selain itu, penelitian ini juga menguji relevansi kemampuan matematika awal (tinggi, sedang, rendah). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan literasi, tes kemampuan pemecahan masalah matematis, skala efikasi diri matematik, observasi, dan wawancara siswa. Data dianalisis dengan cara uji Mann-Whitney, uji Kruskal Wallis H. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa: 1) Peningkatan kemampuan literasi, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh strategi pembelajaran SBL lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori. 2) Peningkatan kemampuan literasi, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh strategi pembelajaran SBL lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori ditinjau dari KAM peserta didik (tinggi, sedang, dan rendah). 3) Tidak terdapat korelasi antara kemampuan literasi, pemecahan masalaha matematis dan efikasi diri matematik siswa yang memperoleh strategi pembelajaran SBL dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori. 4). Gambaran efikasi diri matematik siswa yang memperoleh strategi pembelajaran SBL menunjukkan sikap positif dan lebih baik daripada efikasi diri matematik siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori. Kata Kunci: Strategi pembelajaran Sitution-Based Learning, Kemampuan Literasi Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Efikasi Diri Matematik.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 13 Apr 2019 04:25
Last Modified: 13 Apr 2019 04:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42101

Actions (login required)

View Item View Item