PENGENALAN CERITA RAKYAT DESA SINDANGKASIH KAB. MAJALENGKA NYI RAMBUT KASIH SEBAGAI BENTUK KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI TINGKAT SMA

Sadeli, Lili (2015) PENGENALAN CERITA RAKYAT DESA SINDANGKASIH KAB. MAJALENGKA NYI RAMBUT KASIH SEBAGAI BENTUK KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI TINGKAT SMA. Dinamika, 7 (14). pp. 1-16. ISSN 1979-827X

[img] Text
Jurnal Ilmiah.docx - Published Version

Download (35kB)
Official URL: https://jurnal.unsur.ac.id/

Abstract

Penggalian nilai budaya masyarakat Sunda yang tercermin dalam cerita rakyat sangatlah penting untuk disosialisasikan dalam bentuk pelaksanaan pembelajaran di sekolah, salah satunya teks cerita lisan Nyi Rambut Kasih. Dari hasil analisis terhadap struktur, peneliti menemukan adanya unsur-unsur cerita yang menguatkan pendapat mengenai pengelompokan cerita rakyat, bahwa cerita ini termasuk pada genre legenda penamaan sebuah tempat. Dari analisis konteks penuturan, peneliti menemukan adanya ciri kelisanan cerita-cerita tersebut. Berkenaan dengan fungsi cerita, peneliti menemukan adanya keyakinan penutur dan masyarakat setempat bahwa dari cerita tersebut dapat diambil hikmah untuk dijadikan “cermin” dalam menjalani kehidupan. Adapun nilai karakter yang ditemukan dalam cerita ini merupakan cerminan pengejawantahan perilaku dan pola hidup masyarakat pada zamannya, seperti kepercayaan kepada Tuhan, kesabaran, kerja keras, dan lainnya. Hasil analisis struktur dan nilai karakter yang terkandung dalam legenda tersebut, peneliti manfaatkan menjadi sebuah bahan ajar yang berupa LKS serta diimplementasikan dalam pembelajaran apresiasi sastra di tingkat SMA dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual. Kata kunci: struktur, konteks penutur, fungsi, nilai karakter, dan pembelajaran

Item Type: Article
Subjects: JOURNAL
Divisions: Dokumen Unpas > 2015
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 29 Mar 2019 11:52
Last Modified: 29 Mar 2019 11:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41925

Actions (login required)

View Item View Item