WANPRESTASI YANG DILAKUKAN OLEH PT. PLATINUM SUPPORT BLESS ATAS GARANSI IPHONE DIHUBUNGKAN DENGAN BUKU III KUHPERDATA

Falah Fadilah Mahbub, 141000034 (2019) WANPRESTASI YANG DILAKUKAN OLEH PT. PLATINUM SUPPORT BLESS ATAS GARANSI IPHONE DIHUBUNGKAN DENGAN BUKU III KUHPERDATA. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNPAS.

[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (496kB) | Preview

Abstract

Dalam hukum perlindungan konsumen, bentuk perjanjian antara penjual dengan pembeli (konsumen) adalah perjanjian baku yang isinya sudah dibakukan dan dituangkan dalam bentuk formulir secara sepihak oleh penjual dan mempunyai kedudukan yang lebih kuat yang biasanya tercantum dalam nota atau buku garansi. Syarat-syarat yang tercantum dalam nota maupun di kartu garansi tidak sedikit yang memberatkan pembeli karena terdapat ketentuan yang sepihak yang tidak bisa di tawar oleh seorang pembeli, posisi pembeli hanya bisa menerima karena butuh atau istilah nya take it or leave it. Namun disini adanya cidera janji atau Wanprestasi yang dilakukan PT.Platinum Support Bless yang tidak menanggapi keluhan suatu garansi Iphone 6s salah satu konsumen atas nama Salsabila Aulia. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Terjadinya Wanprestasi Yang Dilakukan Oleh PT. Platinum Support Bless Atas Garansi Iphone, Akibat Hukum Terhadap Ganti Kerugian Atas Jual Beli Iphone Yang Dilakukan Oleh PT. Platinum Support Bless Atas Garansi Iphone, dan Upaya yang dilakukan konsumen dalam penyelesaian atas garansi yang diberikan PT. Platinum Support Bless. Pasal 25 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 19/MDAG/PER/5/2009 Tentang Pendaftaran Petunjuk Penggunaan (manual) Dan Kartu Jaminan/Garansi Purna Jual Dalam Bahasa Indonesia Bagi Produk Telematika Dan Elektronika. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Analitis, dengan metode pendekatan Yuridis Normatif. Tahap penelitian berupa penelitian kepustakaan yaitu dengan menggunakan data sekunder berupa (bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier) dan penelitian lapangan yaitu cara untuk memperoleh data yang bersifat primer . Teknik pengumpulan data dengan cara studi kepustakaan dan studi lapangan berupa wawancara skripsi ini menggunakan metode yuridis kualitatif umtuk menganalisis data. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa PT. Platinum Support Bless melakukan suatu Wanprestasi atas konsideran garansi yang dibuatnya sendiri, mengingat konsumen atas nama Salsabila Aulia tidak melanggar satupun Syarat Subjekti dan Obyektif dalam konsideran garansi yang PT. Platinum Support Bless buat dan melanggar Pasal Pasal 25 ayat (1) dan ayat (2) dan Pasal 26 Undang-Undang nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Akibat hukum yang ditimbulkan dari Wanprestasi oleh PT. Platinum Support Bless, konsumen berhak mendapatkan ganti kerugian, Upaya Hukum yang dapat dilakukan Konsumen berhak melakukan gugatan melalui Jalur Litigasi dan Non Litigasi namun kurangnya edukasi, sosialisasi, serta pemahaman konsumen dalam memperjuangkan haknya sehingga hanya melakukan pelaporan Ke Badan penyelesaian sengketa Konsumen tanpa dilanjutkan. Kata kunci : Wanprestasi, Akibat Hukum, Upaya Penyelesaian.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2018
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 19 Mar 2019 03:36
Last Modified: 19 Mar 2019 03:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41876

Actions (login required)

View Item View Item