PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKN

ARDIANSYAH, 125010039 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN), Model Pembelajaran Cooperative Type Student Teams Achievement Divisions (STAD) memegang peranan penting sebagai model pembelajaran yang dapat mendorong belajar peserta didik untuk lebih aktif. Oleh karena itu, guru tidak cukup memiliki pengetahuan tentang model pembelajaran saja akan tetapi memiliki keterampilan memilih dan menggunakan model pembelajaran dengan baik. Kenyataan di lapangan dalam pembelajaran pendidikan Kewarganegaraan, guru jarang menggunakan model Model Pembelajaran Cooperative Type Student Teams Achievement Divisions (STAD). Berdasarkan itu dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Bina Dharma 2 Bandung dalam mata pelajaran PKN sebelum menerapkan metode Cooperative Type Student Teams Achievement Divisions (STAD) 2) Bagaimana aktifitas belajar siswa dalam proses pembelajaran PKN dengan menggunakan Metode Cooperative Type Student Teams Achievement Divisions (STAD) 3) Bagaimana hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Bina Dharma 2 Bandung dalam pembelajaran PKN setelah menerapkan metode Cooperative Type Student Teams Achievement Divisions (STAD) Penelitian ini dilakukan terhadap peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Bina Dharma 2 Bandung, sebanyak 30 orang melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi untuk mengamati aktifitas peserta didik dalam pembelajaran PKN. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Bina Dharma 2 Bandung menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Type Student Teams Achievement Divisions (STAD) belum berhasil atau memuaskan karena dengan nilai KKM 65 tidak mencapai nilai batas lulus dengan rata-rata kelas 48,16 atau 44,5% dengan nilai terendah 25 dan nilai tertinggi 70.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Mar 2019 06:31
Last Modified: 16 Mar 2019 06:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41840

Actions (login required)

View Item View Item