PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN 117 Batununggal Bandung Kecamatan Bandung Kidul Kota Bandung Tahun Ajaran 2018-2019)

RESNA PRATIWI, 145060020 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN 117 Batununggal Bandung Kecamatan Bandung Kidul Kota Bandung Tahun Ajaran 2018-2019). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar pada umumnya masih menggunakan metode konvensional dimana pada saat proses pembelajaran hanya berpusat pada guru tanpa melibatkan siswa sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran. Oleh sebab itu peneliti melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) di SDN 117 Batununggal yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hasil pembelajaran pada subtema kebersamaan dalam keberagaman dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. PTK ini berlangsung dalam III siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan perencaan dan pelaksanaan yang sesuai dengan Permendikbud No. 22 Tahun 2016. Selain itu model discovery learning dapat meningkatkan sikap peduli, sikap santun, pemahaman, keterampilan dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil yang diperoleh persiklusnya: pertama, adanya peningkatan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) (siklus I 73%, siklus II 79% dan siklus III mencapai 90%); kedua, peningkatan pelaksanaan pembelajaran (siklus I 73%, siklus II 77% dan siklus III mencapai 90%); ketiga, peningkatan sikap peduli (siklus I 50%, siklus II 73% dan siklus III mencapai 88%); keempat, peningkatan sikap santun (siklus I 42%, siklus II 69% dan siklus III mencapai 81%); kelima, peningkatan pemahaman (siklus I 53%, siklus II 77% dan siklus III mencapai 96%); keenam, peningkatan keterampilan komunikasi (siklus I 57%, siklus II 73% dan siklus III mencapai 84%). Maka, penggunaan model discovery learning ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternative pembelajaran khususnya untuk di Sekolah Dasar Kata Kunci : Discovery Learning dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 15 Mar 2019 08:59
Last Modified: 15 Mar 2019 08:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41789

Actions (login required)

View Item View Item