PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA BERBAGAI PEKERJAAN ( Penelitian Tindakan Kelas Subtema Pekerjaan Orang Tuaku Sekolah Dasar Cipageran Mandiri 3 Kota Cimahi)

Noer Ayu Lestari Rahayu, 145060151 (2019) PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA BERBAGAI PEKERJAAN ( Penelitian Tindakan Kelas Subtema Pekerjaan Orang Tuaku Sekolah Dasar Cipageran Mandiri 3 Kota Cimahi). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema Berbagai Pekerjaan Subtema Pekerjaan Orang Tuaku dan dilatar belakangi dengan keadaan siswa yang kurang aktif pada saat pembelajaran, kurangnya sikap percaya diri, disiplin, tanggung jawab, dan jujur serta rendahnya hasil belajar siswa karena guru sering menggunakan pembelajaran konvensional yaitu ceramah dan belum menerapkan model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sistem siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan sikap percaya diri, disiplin, tanggung jawab, dan jujur, keterampilan dan hasil belajar siswa. Siklus I persentase hasil sikap percaya diri siswa sebesar 74% kategori cukup, siklus II sebesar 82% kategori baik dan siklus III sebesar 87% kategori baik. Siklus I persentase sikap disiplin siswa sebesar 75% kategori cukup, siklus II sebesar 80% kategori baik dan siklus III sebesar 86% kategori baik. Siklus I persentase sikap tanggung jawab siswa sebesar 75% kategori cukup, siklus II sebesar 78% kategori cukup dan siklus III sebesar 87% kategori baik. Siklus I persentase sikap jujur siswa sebesar 73% kategori cukup, siklus II sebesar 79% kategori cukup dan siklus III sebesar 86% kategori baik. Siklus I rata-rata penilaian hasil belajar yaitu 76 dengan persentase ketuntasan belajar 43%, siklus II rata-rata penilaian hasil belajar yaitu 80 dengan persentase ketuntasan belajar 67% dan siklus III mengalami peningkatan dengan rata-rata penilaian hasil belajar yaitu 84 dengan persentase ketuntasan belajar 87%. Siklus I persentase keterampilan siswa sebesar 72% kategori cukup, siklus II sebesar 77% kategori cukup dan siklus III sebesar 83% kategori baik. Berdasarkan analisis data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada Tema Berbagai Pekerjaan Subtema Pekerjaan Orang Tuaku tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci: hasil belajar, keterampilan, sikap disiplin, sikap jujur, sikap percaya diri, sikap tanggung jawab, problem based learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 15 Mar 2019 08:54
Last Modified: 15 Mar 2019 08:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41788

Actions (login required)

View Item View Item