DIMAS AGUNG EPI RIANTO, 135010063 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA Al-FALAH BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI (1).pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
lembar pengesahan (2).pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK indonesia (13).pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT b inggris (14).pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK b sunda (15).pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I (6).pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II (7).pdf Download (506kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III (8).pdf Download (410kB) | Preview |
|
Text
BAB IV (9).pdf Restricted to Repository staff only Download (942kB) |
||
Text
BAB V (10).pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
||
|
Text
Daftar pustaka (12).pdf Download (395kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMA Al-Falah Bandung pada kelas XI semester 1. Kesulitan terlihat dari pembelajaran yang dilakukan guru kurang kreatif dan kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar . Metode penelitian yang digunakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan dengan desain quasi experimental design berbentuk non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Al Falah Kota Bandung yang berjumlah 58 siswa, terdiri dari 29 siswa kelas XI IPA dan 29 siswa kelas XI IPS.Dalam penelitian ini, sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh, oleh karena itu seluruh siswa kelas XI akan dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model Jigsaw dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil postest kelas eksperimen lebih tingi dari pada hasil rata-rata hasil postest kelas kontrol dan pada uji t didapat nilai thitung lebih besar dari ttabel (7,412 > 2.045). hasil observasi juga menunj ukan pelaksanan pembelajaran dikelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berhasil dengan baik ini dibuktikan dengan prosentase keseluruhan yang mencapai angka 88%. Kata Kunci : Model Pembelajaran Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Mata PelajaranPPKn
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 15 Mar 2019 08:50 |
Last Modified: | 15 Mar 2019 08:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41787 |
Actions (login required)
View Item |