IMPELEMENTASI PEER TO PEER LENDING DIKAITKAN DENGAN PERATURAN BANK INDONESIA NOMOR 19/12/PBI/2017 TENTANG PENYELENGGARAAN TEKNOLOGI FINANSIAL DAN PERATURAN OTORITAS JASA KEUANGAN NOMOR 77/POJK.01/2016 TENTANG LAYANAN PINJAM MEMINJAM UANG BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI

Raden Ajeng Astari Sekarwati, 151000269 (2019) IMPELEMENTASI PEER TO PEER LENDING DIKAITKAN DENGAN PERATURAN BANK INDONESIA NOMOR 19/12/PBI/2017 TENTANG PENYELENGGARAAN TEKNOLOGI FINANSIAL DAN PERATURAN OTORITAS JASA KEUANGAN NOMOR 77/POJK.01/2016 TENTANG LAYANAN PINJAM MEMINJAM UANG BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNPAS.

[img] Text
BAB III.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (43kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (73kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (247kB)

Abstract

Penyelenggaraan fintech yang masih terbilang baru di Indonesia, memungkinkan banyaknya masyarakat yang masih merasa asing dengan transaksi pinjam meminjam uang berbasis teknologi. Penyelenggaraan fintech peer to peer lending Dalam hal ini dapat menimbulkan permasalahan, permasalahan yang timbul antara lain; Bagaimana implementasi peer to peer lending, Bagaimana perlindungan hukum bagi pengguna platform peer to peer lending, serta upaya penyelesaian yang dapat diterapkan apabila terjadi wanprestasi. Dalam ketentuan Pasal 2 Peraturan Bank Indonesia Nomor 19/12/PBI/2017 Tentang penyelenggaraan Teknologi Finansial, menyatakan bahwa Bank Indonesia mengatur penyelenggaraan Teknologi Finansial untuk mendorong inovasi di bidang keuangan dengan menerapkan prinsip perlindungan konsumen serta manajemen risiko dan kehati-hatian guna tetap menjaga stabilitas moneter, stabilitas sistem keuangan, dan sistem pembayaran yang efisien, lancar, aman, dan andal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif Analitis yaitu penelitian dengan menggambarkan secara sistematis, akurat, aktual, dan menyeluruh mengenai pelaksanaan Peraturan Bank Indonesia Nomor 19/12/PBI/2017 Tentang Penyelenggaraan Teknologi Finansial dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 Tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi. Metode pendekatan yang digunakan adalah Yuridis Normatif yaitu penelitian terhadap asas-asas hukum dilakukan dengan norma-norma hukum yang merupakan patokan untuk bertingkah laku. Tahap Penelitian yang digunakan yaitu melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan dengan melakukan wawancara pada Kantor Regional 2 Jawa Barat OJK dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Jawa Barat. Hasil yang diperoleh dari penelitian diketahui bahwa Peraturan Bank Indonesia Nomor 19/12/PBI/2017 tentang Penyelenggaraan Teknologi Finansial telah mengatur mengenai Impelementasi peer to Peer lending sedangkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 Tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi belum mengatur secara menyeluruh mengenai Implementasi peer to Peer lending khususnya mengenai Prinsip Kehati-hatian. Perlindungan hukum bagi pengguna platform peer to peer lending dapat dilakukan secara Preventif dan Represif. Secara Preventif, dapat dilakukan dengan menerapkan Prinsip Transparansi, Perlakuan yang adil, Keandalan, Kerahasiaan dan Keamanan Data, dan Penyelesaian sengketa Pengguna secara sederhana, cepat, dan biaya terjangkau. Sedangkan secara Represif, dapat dilakukan melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa, dan Upaya Penyelesaian yang dapat diterapkan apabila terjadi wanprestasi adalah dengan melakukan Musyawarah dan Mufakat. Namun apabila tidak mencapai Musyawarah dan Mufakat, bisa melalui Lembaga Alternatif lainnya. Kata Kunci : Implementasi, peer to peer lending, Perlindungan Hukum.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2018
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 15 Mar 2019 03:13
Last Modified: 15 Mar 2019 03:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41727

Actions (login required)

View Item View Item