HUBUNGAN ANTARA KOHESIVITAS KELOMPOK “KAMPUNG KB” DENGAN PARTISIPASI AKSEPTOR KB DI RW 05 DUSUN CICABE DESA SINDANGGALIH KABUPATEN SUMEDANG

Siska Triana, 152020033 (2019) HUBUNGAN ANTARA KOHESIVITAS KELOMPOK “KAMPUNG KB” DENGAN PARTISIPASI AKSEPTOR KB DI RW 05 DUSUN CICABE DESA SINDANGGALIH KABUPATEN SUMEDANG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (369kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (698kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (406kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (114kB)

Abstract

Keluarga Berencana (KB) merupakan salah satu program yang dibuat oleh pemerintah untuk mengendalikan penduduk dalam bentuk penggunaan alat kontrasepsi untuk menjarakan kelahiran. Saat ini program KB dikembangkan dan bukan hanya mengenai pengendalian penduduk saja, tetapi juga terdapat pembinaan berbasis keluarga yaitu dalam bentuk program “Kampung KB”. Peneliti tertarik mengenai program ini karena saat ini banyak masyarakat yang berpikir bahwa program KB hanya mengenai penggunaan kontrasepsi, dan munculah program “Kampung KB” yang menjadi salah satu pembuktian bahwa hal tersebut tidak tepat. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan instrumen penelitian dengan membagikan angket kepada 50% populasi akseptor dan juga menggunakan teknik wawancara dan observasi non partisipan. Peneliti menguji hubungan antara kohesivitas kelompok ”Kampung KB” dengan partisipasi akseptor KB di RW 05 Desa Sindanggalih Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu kohesivitas kelompok “Kampung KB” sangat baik ditandai dengan akseptor merasa diterima oleh akseptor lian, juga para akseptor merasa senang dan bangga berada di kelompok, dan akseptor meyakini bahwa program “Kampung KB” akan membawa wilayahnya menjadi lebih baik. Selain itu partisipasi akseptor KB juga sangat baik ditandai dengan jumlah persentase peserta KB dibandingkan PUS yaitu sebanyak 81,66%, dan menurut hasil analisis menggunakan teknik RANK SPEARMAN (rs) terdapat hubungan yang kuat dan searah antara kohesivitas kelompok “Kampung KB” dengan partisipasi akseptor KB, maka semakin tinggi kohesivitas kelompok “Kampung KB” maka akan semakin baik pula partisipasi akseptor dalam melaksanakan kegiatan KB. Salah satu tujuan program “Kampung KB” adalah menggunakan kontasepsi dengan metode MKJP, dan saran yang ingin peneliti sampaikan dalam penelitian ini yaitu perlunya sosialisasi kembali kepada para akseptor mengenai MKJP sehingga para akseptor memahami dan beralih menggunakan metode MKJP ini. Kata Kunci: Kohesivitas Kelompok, Partisipasi Akseptor KB, Kampung KB.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2015
Depositing User: ms Maoudy Nuraeni -uh
Date Deposited: 15 Mar 2019 01:37
Last Modified: 15 Mar 2019 01:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41692

Actions (login required)

View Item View Item