PENGARUH PELAKSANAAN PROGRAM POSYANDU LANSIA (POS PELAYANAN TERPADU LANJUT USIA) TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN SOSIAL DI DESA CENDIL KECAMATAN KELAPA KAMPIT KABUPATEN BELITUNG TIMUR

Dwi Dimar Rahayu, 152020027 (2019) PENGARUH PELAKSANAAN PROGRAM POSYANDU LANSIA (POS PELAYANAN TERPADU LANJUT USIA) TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN SOSIAL DI DESA CENDIL KECAMATAN KELAPA KAMPIT KABUPATEN BELITUNG TIMUR. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (222kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (30kB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian tentang Pengaruh Pelaksanaan Program Posyandu Lansia terhadap Pemenuhan Kebutuhan Sosial di Desa Cendil Kecamatan Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan program posyandu lansia dan mendeskripsikan pemenuhan kebutuhan sosial lansia sehingga mampu menganalisis Pengaruh Pelaksanaan Program Posyandu Lansia terhadap Pemenuhan Kebutuhan Sosial di Desa Cendil Kecamatan Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat Pengaruh Pelaksanaan Program Posyandu Lansia terhadap Pemenuhan Kebutuhan Sosial di Desa Cendil Kecamatan Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Analisis yaitu suatu metode yang digunakan untuk menggambarkan kondisi yang sebenarnya saat penelitian berlangsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi lapangan, studi dokumen, dengan teknik-teknik: angket, wawancara dan observasi non-partisipan. Populasi dalam penelitian ini adalah lanjut usia peserta program posyandu di Desa Cendil Kecamatan Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur, pelayanan program posyandu lansia di Desa Cendil Kecamatan Kelapa Kampit Belitung Timur Kabupaten Belitung Timur diberikan kepada 60 orang dan kelompok kontrolnya lanjut usia yang tidak mendapatkan pelayanan program posyandu lansia sejumlah 60 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penilitian ini menggunakan area random sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Data Kuantitatif. Skala dalam penelitian ini menggunakan Skala Ordinal. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji statistik non parametik dengan menggunakan uji U-Mann Whitney. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan adanya Pengaruh Pelaksanaan Program Posyandu Lansia terhadap Pemenuhan Kebutuhan Sosial di Desa Cendil Kecamatan Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur. Sehingga dapat dikatakan bahwa program posyandu lansia membantu terhadap pemenuhan kebutuhan berinteraksi dan bersosialisasi pada lansia. Peningkatan sarana dan prasarana, keterampilan petugas, dan pengembangan kegiatan yang lebih kreatif dan inovatif dari pihak-pihak yang terkait sebagai bentuk rekomendasi dari penelitian ini. Kata Kunci: Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Lansia, Kebutuhan Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 15 Mar 2019 01:31
Last Modified: 15 Mar 2019 01:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41688

Actions (login required)

View Item View Item