PENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMP MELALUI MODEL GENERATIVE LEARNING

LISNA ADISTI, 145050065 (2019) PENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMP MELALUI MODEL GENERATIVE LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak (indo).pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstract (inggris).pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (467kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (85kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji penerapan Model Generative Learning terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan dampaknya terhadap self-regulated learning siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen karena peneliti menggunakan kelas yang ada. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Cimenyan Bandung. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman matematis tipe uraian dan angket self-regulated learning. Instrumen yang digunakan sudah memenuhi kriteria yang baik. Analisis data kemampuan pemahaman matematis menggunakan Independent Sample T-Test melalui bantuan Software SPSS 20.00 for Windows begitu pula analisis data angket self-regulated learning, dimana data diubah terlebih dahulu menjadi data kuantitatif menggunakan MSI (Method of Succecive Interval). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Peningkatan pemahaman matematis siswa yang memperoleh model Generative Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran Direct Instruction; (2) Ketuntasan pemahaman matematis siswa yang memperoleh model Generative Learning jika dilihat secara keseluruhan atau jika dilihat dari tiap indikatornya, lebih dari setengah jumlah siswa telah tuntas kemampuan pemahaman matematisnya setelah memperoleh pembelajaran dengan model Generative Learning; (3) Self-Regulated Learning siswa yang memperoleh model Generative Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran Direct Instruction. Kata Kunci : Model Generative Learning, Pemahaman Matematis, dan Self-Regulated Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 14 Mar 2019 08:38
Last Modified: 14 Mar 2019 08:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41624

Actions (login required)

View Item View Item