LISNA ADISTI, 145050065 (2019) PENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMP MELALUI MODEL GENERATIVE LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak (indo).pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstract (inggris).pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (467kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (738kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
Text
DAPUS.pdf Download (85kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji penerapan Model Generative Learning terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan dampaknya terhadap self-regulated learning siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen karena peneliti menggunakan kelas yang ada. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Cimenyan Bandung. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman matematis tipe uraian dan angket self-regulated learning. Instrumen yang digunakan sudah memenuhi kriteria yang baik. Analisis data kemampuan pemahaman matematis menggunakan Independent Sample T-Test melalui bantuan Software SPSS 20.00 for Windows begitu pula analisis data angket self-regulated learning, dimana data diubah terlebih dahulu menjadi data kuantitatif menggunakan MSI (Method of Succecive Interval). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Peningkatan pemahaman matematis siswa yang memperoleh model Generative Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran Direct Instruction; (2) Ketuntasan pemahaman matematis siswa yang memperoleh model Generative Learning jika dilihat secara keseluruhan atau jika dilihat dari tiap indikatornya, lebih dari setengah jumlah siswa telah tuntas kemampuan pemahaman matematisnya setelah memperoleh pembelajaran dengan model Generative Learning; (3) Self-Regulated Learning siswa yang memperoleh model Generative Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran Direct Instruction. Kata Kunci : Model Generative Learning, Pemahaman Matematis, dan Self-Regulated Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 14 Mar 2019 08:38 |
Last Modified: | 14 Mar 2019 08:38 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41624 |
Actions (login required)
View Item |