ANALISIS PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DALAM MENENTUKAN HARGA POKOK PESANAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING (Studi Produk Hang Tag Eiger Pada CV Cipta Cekas Grafika Bandung)

Siti Anengsih, 152040132 (2019) ANALISIS PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DALAM MENENTUKAN HARGA POKOK PESANAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING (Studi Produk Hang Tag Eiger Pada CV Cipta Cekas Grafika Bandung). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
1 COVER.docx

Download (83kB)
[img] Text
2 ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
4 BAB 2.docx

Download (69kB)
[img] Text
3 BAB 1.docx

Download (341kB)
[img] Text
5 DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
6 LEMBAR PENGESAHAN.docx

Download (241kB)

Abstract

CV Cipta Cekas Grafika merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang percetakan. Produk yang dihasilkan seperti hang tag , undangan, buku, kemasan dan masih banyak produk cetak lainnya, dimana proses produksi dilakukan berdasarkan pesanan dari pelanggan. Wilayah pemasaran pesanan produknya dari wilayah Indonesia Barat dan Jawa Barat tetapi pesanan lebih dominan dari sekitar Bandung. Dari hasil penjajagan awal diketahui bahwa terdapat permasalahan terhadap penentuan harga pokok produksi dimana metode yang digunakan perusahaan untuk menentukan harga pokok pesanan cost plus pricing, dalam perhitungan biayanya tidak dilakukan secara menyeluruh dan terperinci, sehingga dalam penetapan harga pesanan hanya berdasarkan histori dan estimasi.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penentuan harga pokok pesanan di CV Cipta Cekas Grafika dengan menerapkan metode full costing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan observasi nonpartisipan dan wawancara terstruktur, teknik pengumpulan data sekunder dilakukan dengan cara mengkaji dan meneliti informasi yang diberikan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penentuan harga pokok produksi dengan menerapkan metode full costing. Berdasarkan hasil penelitian penentuan biaya produksi yang diterapkan oleh perusahaan belum adanya perhitungan biaya secara menyeluruh khususnya biaya overhead pabrik. Sehingga penentuan biaya produksi belum sesuai dengan biaya yang sesungguhya. Perbandingan harga pokok produksi yang didapat dari perhitungan tersebut dikatakan bahwa sebelum diterapkan full costing CV Cipta Cekas Grafika mengeluarkan biaya harga pokok produksi dan harga pokok pesanan yang lebih kecil dibandingkan setelah menerapkan full costing harga pokok produksi dan harga pokok pesanan menjadi lebih besar. Adapun faktor yang menentukan harga pokok produksi terdiri dari faktor internal dimana adanya penaikan atau penurunan gaji karyawan, dan dipengaruhi oleh proses produksi. Sedangkan faktor eksternal pesaing dan fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dollar. Saran untuk CV Cipta Cekas Grafika adalah sebaikanya memperhitungkan semua biaya produksi secara keseluruhan. Terutama biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik. Agar mendapatkan harga pokok produksi yang akurat. Kata kunci :Harga pokok produksi , Harga pokok pesanan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2018
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 13 Mar 2019 06:57
Last Modified: 13 Mar 2019 06:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41581

Actions (login required)

View Item View Item