PENGARUH PERBANDINGAN SARI KORO (Canavalia ensiformis) DENGAN SARI BAYAM (Amaranthus spp) TERHADAP KARAKTERISTIK TAHU KORO PEDANG PUTIH (Canavalia ensiformis)

Yulia Veriyani, 113020154 and Tantan Widiantara, DS and Hasnelly, DS (2019) PENGARUH PERBANDINGAN SARI KORO (Canavalia ensiformis) DENGAN SARI BAYAM (Amaranthus spp) TERHADAP KARAKTERISTIK TAHU KORO PEDANG PUTIH (Canavalia ensiformis). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
YULIA VERIYANI_113020154_TEKNOLOGI PANGAN.pdf

Download (228kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tahu adalah gumpalan protein kedelai yang diperoleh dari hasil penyaringan kedelai yang telah digiling dengan penambahan air. Penggumpalan protein dilakukan dengan penambahan cairan biang atau garam-garam kalsium, misalnya kalsium sulfat yang dikenal dengan nama batu tahu, batu coko, atau sioko. Penelitian ini adalah untuk menghasilkan tahu berbahan baku kacang koro serta penggunaan bayam sebagai bahan penunjang untuk menambah serat pada tahu. Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan faktorial 1 x 5 dengan 5 kali ulangan, sehingga diperoleh 25 kombinasi perlakuan dilanjutkan dengan uji Duncan. Perbandingan sari koro dan sari bayam (K) (4:1, 7:3, 3:2, 1:1, 2:3) dan konsentrasi asam asetat (S) (4%). Respon penelitian ini meliputi analisis kadar serat, kadar protein, kadar air dan kadar sianida serta uji organoleptik meliputi warna, aroma, tekstur dan rasa. Hasil penelitihan bahan baku pada sampel sari koro dan sari bayam didapatkan hasil, sari koro mengandung kadar asam sianida (HCN) sebesar 14,59 mg/Kg dan 14,37 mg/Kg. Sedangkan sari bayam mengandung kadar serat 0,93% dan 0,84%. Perbandingan sari koro dengan sari bayam memberikan pengaruh yang nyata terhadap aroma, tekstur, rasa, kadar serat, kadar protein, dan kadar asam sianida, sedangkan terhadap warna dan kadar air perlakuan perbandingan sari koro dengan sari bayam tidak memberikan pengaruh yang nyata. Kata kunci : Sari kacang koro, sari bayam, asam asetat

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 13 Mar 2019 03:10
Last Modified: 13 Mar 2019 03:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41547

Actions (login required)

View Item View Item