ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUBJECTIVE WORKLOAD ASSESMENT TECHNIQUE (SWAT) (STUDI KASUS : KARYAWAN YANG PENUGASAN DI PROGRAM STUDI DAN KANTOR FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PASUNDAN)

AGUNG NUGRAHa, 133010220 (2019) ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUBJECTIVE WORKLOAD ASSESMENT TECHNIQUE (SWAT) (STUDI KASUS : KARYAWAN YANG PENUGASAN DI PROGRAM STUDI DAN KANTOR FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PASUNDAN). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Agung Nugraha_(133010220)_Teknik Industri.pdf

Download (543kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Karyawan memegang peranan penting untuk meningkatkan dan menjaga pelayanan kepada sivitas akademika, mahasiswa dan lulusan. Fakultas Teknik Universitas Pasundan merupakan salah satu bidang usaha yang bergerak dibidang Pendidikan tinggi yang bersifat tidak berwujud fisik (intangible). Setelah dilakukan penelitian pendahuluan untuk menganalisis kinerja pelayanan administrasi karyawan Fakultas Teknik yang penugasan di Program Studi dan Fakultas Teknik Universitas Pasundan, terlihat adanya mahasiswa yang kurang puas terhadap kinerja pelayanan karyawan Fakultas Teknik yang penugasan di Program Studi dan Fakultas Teknik Universitas Pasundan selama ini berdasarkan kuisioner yang telah dibagikan kepada Mahasiswa/i pada tahun pelajaran 2017/2018. Potensi masalah tersebut karena beban kerja karyawan yang cukup berat. Melalui penelitian ini, peneliti ingin mengatahui besaran beban kerja mental serta mengidentifikasi faktor yang dominan membentuk beban kerja mental dan Mengetahui model analisis beban kerja yang sesuai dengan karakteristik pekerjaan tersebut untuk kemudian memberikan usulan perbaikan. Subjek penelitian ini adalah 52 orang karyawan Berdasarkan hasil analisis SWAT pada bagian KBTU dan KSB Fakultas bahwa aktivitas pekerjaan yang dilakukan oleh 12 orang karyawan over load sebanyak 3 orang, kemudian medium load sebanyak 5 orang karyawan dan lower load sebanyak 4 orang. Pada bagian Staf Administrasi Fakultas aktivitas pekerjaan yang dilakukan oleh 15 orang karyawan over load sebanyak 2 orang, kemudian medium load sebanyak 2 orang dan lower load sebanyak 11 orang. Pada bagian Tata Usaha Program Studi aktivitas pekerjaan yang dilakukan oleh 12 orang karyawan over load sebanyak 3 orang, kemudian medium load sebanyak 3 orang dan lower load sebanyak 6 orang. Dan pada bagian Laboratorium Program Studi aktivitas pekerjaan yang dilakukan oleh 13 orang karyawan over load sebanyak 4 orang, kemudian medium load sebanyak 4 orang dan lower load sebanyak 5 orang. Dengan persentase faktor yang paling dominan yaitu beban waktu 48.08%, beban tekanan psikologis 42,31% dan beban usaha mental 9,62%. Dari hasil pengukuran beban kerja, mendapatkan hasil analisis yang berbeda karena level kerja karyawan pada setiap bagian berbeda sehingga usulan perbaikan yang dilakukan dikaitkan dengan permasalahan pada setiap bagian. Kata Kunci : Karyawan, Kinerja Pelayanan, beban kerja, SWAT

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 12 Mar 2019 01:49
Last Modified: 12 Mar 2019 01:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41491

Actions (login required)

View Item View Item