PENGARUH PENGEMASAN TERHADAP UMUR SIMPAN ABON IKAN LELE SANGKURIANG (Clarias gariepinus) YANG DISUBSTITUSI DENGAN JERAMI NANGKA (Artocarpus heterophyllus)

Irna Herawati, 11.302.0148 (2019) PENGARUH PENGEMASAN TERHADAP UMUR SIMPAN ABON IKAN LELE SANGKURIANG (Clarias gariepinus) YANG DISUBSTITUSI DENGAN JERAMI NANGKA (Artocarpus heterophyllus). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
1.COVER TUGAS AKHIR (IRNA).pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB 1.pdf

Download (447kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengaruh jenis kemasan abon ikan lele yang disubtitusi jerami terhadap umur simpan abon ikan lele yang disibtitusi jerami nangka. Penelitian ini dilakukan untuk untuk mempelajari proses pembuatan abon ikan lele yang disubtitusi oleh jerami nangka dan mengetahui pengaruh jenis kemasan terhadap umur simpan abon ikan lele melalui perubahan kimia. Penelitian pendahuluan dilakukan untuk memperoleh perbandingan ikan lele dengan jerami nangka terbaik berdasarkan uji organoleptik atribut rasa dan tekstur dengan menggunakan metode hedonik, konsentrasi perbandingan yang digunakan adalah 75%:25%, 50%:50% dan 25%:75%. Penelitian utama dilakukan untuk mengetahui pengaruh jenis kemasan terhadap umur simpan abon ikan lele menggunakan metode Arrhenius dengan respon kadar air dan free faty acid (FFA) yang dilakukan penyimpanan selama 21 hari dan dilakukan pegamatan pada hari ke-0, 7, 14 dan 21. Hasil penelitian pendahuluan perbandingan terpilih berdasarkan uji kesukaan atribut rasa dan tekstur yaitu perbandingan ikan lele dengan jerami nangka 75%:25%. Hasil penelitian utama jenis pengemasan berpengaruh terhadap umur simpan abon ikan lele yang disubtitusi jerami nangka dengan menggunakan metode Arrhenius berdasarkan respon kadar air dan kadar free faty acid (FFA) dan diperoleh abon ikan lele yang dikemas Alumunium foil memiliki umur simpan lebih lama yaitu berturut-turut 20,7 hari dan 22 hari. Kata Kunci : Abon, Pengemasan, Umur Simp

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 12 Mar 2019 01:39
Last Modified: 12 Mar 2019 01:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41489

Actions (login required)

View Item View Item