ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN MYTELKOMSEL EDISI JAKA SEMBUNG MENCARI BEST DEAL DI TELEVISI

Rafif Aziz Faisal, 142050348 (2019) ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN MYTELKOMSEL EDISI JAKA SEMBUNG MENCARI BEST DEAL DI TELEVISI. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
Dok baru 2019-03-11 15.30.57_1_Lembar Persetujuan Skripsi.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 BAHASA (FIX).pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER UP.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (FIX).pdf

Download (823kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (FIX).pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Semiotika Iklan MyTelkomsel Edisi Jaka Sembung Mencari Best Deal di Televisi”. Iklan aplikasi milik salah satu provider terbesar di Indonesia ini merupakan sebuah iklan yang memuat tentang produk aplikasi yang diproduksi oleh perusahaan Telkomsel. Iklan tersebut berdurasi 60 detik dan memiliki alur cerita yang unik. Alur cerita yang dibangun dalam iklan tersebut adalah dimulai dengan seorang pendekar dari sebuah desa yang telah dikalahkan oleh sekelompok orang-orang jahat, berniat untuk membasmi seluruh kejahatan yang ada. Namun pendekar tersebut membutuhkan sebuah golok naga untuk dapat mengalahkan segala kejahatan tersebut dan akhirnya ia pergi beerkelana untuk mendapatkan golok naga tersebut. dalam perjalanan untuk mendapatkan golok tersebut, sang pendekar mendapatkan berbagai rintangan yang hingga pada akhirnya golok tersebut berhasil ia dapatkan dan ia pun siap untuk mengalahkan segala kejahatan yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana makna dari setiap simbol – simbol yang ditampilkan dalam iklan MyTelkomsel Edisi Jaka Sembung Mencari Best Deal yang ditayangkan di televisi. Pada penelitian ini makna diuraikan menjadi tiga makna sesuai dengan konsep semiotika Roland Barthes. Makna yang pertama adalah makna denotatif yang menelaah makna sebuah simbol secara indrawi manusia. Makna yang kedua adalah makna konotatif yang menelaah sebuag simbol secara emosional dan ditelaah melalui budaya yang berlaku pada saat ini. Makna ketiga adalah makna mitos yang merupakan suatu pemaknaan secara system yang dikaitkan dengan makna konotatif dan denotatif. Selain untuk mengentahui makna yang terkandung dari simbol – simbol yang ditampilkan, pada penelitian ini juga ditujukan untuk mengetahui bagaimana kontruksi realitas sosial yang coba dibangun melalui iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif, dengan pendekatan teori yang digunakan adalah teori semiotika Roland Barthes. Penelitain kualitatif memungkinkan penelitian untuk dijelaskan secara terperinci dan detail dengan gaya tulisan naratif. Data dan fakta yang ditemukan selama penelitian dijelaskan secara deskriptif kedalam bentuk paragraph. Berdasarkan hasil penelitian ini makna yang terkandung menunjukan bahwa setiap simbol yang ditampilkan memiliki pemaknaan yang mengarah pada sesuatu hal yang murah dan terjangkau. Selain itu realitas sosial yang dibangun dalam iklan tersebut memiliki pengaruh sosial yang dapat merubah perilaku dan padangan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2018
Depositing User: ms Maoudy Nuraeni -uh
Date Deposited: 12 Mar 2019 01:01
Last Modified: 12 Mar 2019 01:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41479

Actions (login required)

View Item View Item