DENGAN PENDEKATAN LEAN MANUFACTURING (STUDI KASUS : PEMBUATAN PRODUK RING O DI DEPARTEMEN PRODUKSI PD. GASFARI METAL WORKS)

ANDI NOVIANA, 123010048 (2019) DENGAN PENDEKATAN LEAN MANUFACTURING (STUDI KASUS : PEMBUATAN PRODUK RING O DI DEPARTEMEN PRODUKSI PD. GASFARI METAL WORKS). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
ANDI NOVIANA, 123010048, TEKNIK INDUSTRI.pdf

Download (842kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Persaingan bisnis di industri manufaktur yang semakin ketat membuat perlunya suatu industri manufaktur menjalankan proses produksinya secara efektif dan efisien, karena begitu pentingnya proses produksi didalam suatu industri manufaktur untuk dapat terciptanya suatu produk yang berkualitas serta memiliki mutu yang tinggi, dengan terciptanya proses produksi yang baik maka akan berpengaruh kepada produktivitas kerja karyawan dalam memenuhi kebutuhan pemesanan pelanggan. PD Gasfari Metal Works merupakan perusahaan yang memproduksi Ring O, Ring D, Kepala Sabuk, Kancing, dll Perusahaan ini memiliki banyak pemesanan produk khususnya produk Ring O, seiring dengan banyaknya pemesanan produk tersebut, membuat sering terjadinya beberapa kesalahan yang mengakibatkan pemborosan (Waste) didalam proses pembuatan Ring O. Usulan yang akan di lakukan untuk memperbaiki sistem produksi di PD. Gasfari Metal Works, menggunakan pendekatan Lean Manufacturing untuk berfokus pada peniadaan atau pengurangan pemborosan dan juga peningkatan atau pemanfaatan secara total. Berdasarkan Hasil identifikasi pemborosan dengan menggunakan metode value stream mapping, diperoleh bahwa aktivitas penyebab pemborosan (waste) yang memiliki bobot paling besar yaitu proses pemotongan (Cutting) yaitu sebesar 48,50% dari jumlah kapasitas produksi per tahun. Aktivitas pemborosan (waste) berupa produk cacat (defective product) dengan jumlah terbanyak yaitu 4850 kg Diikuti dengan aktivitas pada proses roll dengan jumlah defect product sebanyak 2860 kg atau 28,60% dari jumlah kapasitas produksi per tahun. aktivitas penyebab pemborosan (inefficient process). Selain itu aktivitas penyebab pemborosan yaitu (waiting delay) dimana mesin tidak melakukan pekerjaan waste ini terjadi pada mesin potong Ring O. Usulan perbaikan yang diterapkan dalam menanggulangi aktivitas pemborosan yang terjadi pada proses pembuatan Ring O adalah dengan mengganti mesin potong manual yang ada dengan mesin potong semi otomatis dimana pada proses pemotongan Ring O waktu proses lebih cepat 700% dari waktu proses yang ada selama ini dan resiko kegagalan/cacat potong dapat diminimalisir. Kata Kunci : Pemborosan (waste), Lean manufacturing, defective product, inefficient process, waiting delay.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 11 Mar 2019 09:44
Last Modified: 11 Mar 2019 09:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41473

Actions (login required)

View Item View Item