USULAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX)(STUDI KASUS :CV. BINTANG BERSINAR BANDUNG)

MUH. RIDHOTULLAH SAIDA, 133010051 (2019) USULAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX)(STUDI KASUS :CV. BINTANG BERSINAR BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
Muh. Ridhotullah Saida (133010051).pdf

Download (454kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

CV. Bintang Bersinar merupakan usaha yang berfokus dibidang penjualan kaos kaki.CV. Bintang Bersinarmenyediakan berbagai jenis produk mulai dari Muslim Sock, Man Sock, Sport Sockdan Children Sock.CV. Bintang Bersinartelah berdiri sejak tahun 2007, pemilik dari CV. Bintang Bersinarmemberikan usulan mengenai strategi pemasaran untuk dijadikan bahan penelitian, untuk meningkatkan penjualan serta pengembangan usaha pada perusahaan, mengingat banyaknya pesaing-pesaing yang bermunculan dalam memproduksi produk kaos kakiagar dapat dilihat strategi apa saja yang dapat dilakukan, berupa strategi integrasi, strategi intensif, strategi diversifikasi, strategi defensif yang dapat diusulkan bagi perusahaan.Untuk memberikan usulan strategi pemasaran pada CV. Bintang Bersinar ini, menggunakan metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix), dikarenakan banyaknya pesaing sehingga tidak adanya peningkatan penjualan yang signifikan pada setiap bulannya. Pada penyusunan strategi tahap 1 menggunakan matrik IFE dan EFE dengan cara membagikan kuesioner kepada top managemen. Pada penyusunan strategi tahap 2 menggunakan matrik IE dan SWOT guna mengevaluasi hasil dari tahap 1. Pada penyusunan strategi tahap 3, dari seluruh usulan alternatif strategi yang diperoleh dari tahap 2 dilakukan pengelompokkanmenjadi satu alternatif strategi yang lebih umum.Dari hasil pengolahan data diperoleh 3 prioritas alternatif strategi yang paling menarik dan yang paling mungkin dilakukan yaitu, Strategi Pengembangan Pasar dengan nilai Total Attractiveness Score (TAS) sebesar 4.82, Strategi Penetrasi Pasar dengan nilai Total Attractiveness Score (TAS) sebesar 5.23 dan Strategi Pengembangan Produk nilai Total Attractiveness Score (TAS) sebesar 5.37. Maka strategi yang dipilih untuk mengatasi permasalahan pemasaran di CV. Bintang Bersinar adalah Strategi Pengembangan Produk karena dengan strategi ini mampu mengupayakan peningkatan penjualan dengan memperbaiki atau memodifikasi produk yang ada saat ini dibandingkan dengan 2 alternatif strategi yang lainnya.Kata Kunci: Manajemen Pemasaran, MatriksInternal Factor Evaluation (IFE), MatriksExternal Factor Evaluation (EFE), MatriksInternal-External (IE), MatriksStrength, Weakness, Opportunity, Threat (SWOT), MatriksQunatitative Strategic Planning Matrix (QSPM)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 11 Mar 2019 08:28
Last Modified: 11 Mar 2019 08:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41465

Actions (login required)

View Item View Item