ANALISIS PENGARUH INFRASTRUKTUR EKONOMI DAN INFRASTRUKTUR SOSIAL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PRIANGAN TIMUR 2011-2016

Rizki Maulana Rahman Nurhakim, 144030043 and Dr. H. R. Abdul Maqin, SE., MP, Pembimbing I (2019) ANALISIS PENGARUH INFRASTRUKTUR EKONOMI DAN INFRASTRUKTUR SOSIAL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PRIANGAN TIMUR 2011-2016. Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan FEB-UNPAS BANDUNG.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK JADI.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Rizki Maulana Rahman N.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Rizki Maulana Rahman N.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Rizki Maulana Rahman N.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI+DAFTAR GAMBAR+DAFTAR TABEL.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0_cover draft 11-Mar-2019 09-22-33 Page 2.pdf

Download (656kB) | Preview

Abstract

ANALIS PENGARUH INFRASTRUKTUR EKONOMI DAN INFRASTRUKTUR SOSIAL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PRIANGAN TIMUR TAHUN 2011-2016 Oleh: RIZKI MAULANA RAHMAN NURHAKIM 144030043 ABSTRAK Penyediaan Infrastruktur merupakan hal yang sangat penting dalam tahap pembangunan. Infrastruktur memberikan kontribusi terhadap perekonomian daerah dan meningkatan pembangunan ekonomi dengan memberikan efek secara langsung atau tidak langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Infrastruktur, yang difokuskan pada Infrastruktur Ekonomi dan Infrastruktur Sosial terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Priangan Timur tahun 2011-2016 Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan meliputi data PDRB atas dasar harga konstan 2010, jumlah panjang jalan, rasio elektrifikasi, jumlah sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, jumlah rumah sakit, puskesmas dan balai kesehatan/klinik di Priangan Timur tahun 2011 sampai 2016. Data diolah menggunakan analisis data panel dengan model regresi terbaik sesuai dengan penelitian ini adalah model regresi fix effect Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Infrastruktur Ekonomi dan Infrastruktur Sosial secara parsial memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Priangan Timur tahun 2011 sampai 2016 dengan tingkat kepercayaan 95%. Secara parsial Infrastruktur Listrik, Infrastruktur Pendidikan dan Infrastruktur Kesehatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Priangan Timur tahun 2011-2016 dan secara parsial Infrastruktur Panjang Jalan berpengaruh negatif dan tidak signifikan. Selain itu penelitian ini juga menemukan bahwa Dari 5 Kabupaten atau Kota ada 4 Kabupaten dan Kota yang memiliki koefisien intersep yang positif. Ini menunjukan bahwa daerah-daerah tersebut memiliki perubahan Pertumbuhan Ekonomi yang relative lebih tinggi dibandingkan rata-rata Pertumbuhan Ekonomi seluruh Kabupaten atau Kota di Priangan Timur. Adapun karakteristik Kabupaten atau Kota yang memiliki Pertumbuhan Ekonomi lebih tinggi dibandingkan rata-rata seluruh Kabupaten atau Kota adalah Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis dan Kota Tasikmalaya dan satu Kabupaten atau Kota lainnya memiliki koefisien intersep negatif, yang berarti Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten atau Kota relatif rendah yaitu Kota Banjar. Kata kunci : pertumbuhan ekonomi, infrastruktur ekonomi dan infrastruktur sosial, data panel, fix effect, pengembangan wilayah Priangan Timur Provinsi Jawa Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Studi Pembangunan 2014
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 11 Mar 2019 08:12
Last Modified: 11 Mar 2019 08:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41460

Actions (login required)

View Item View Item