USULAN PERBAIKAN KUALITAS PADA BAHAN UTAMA PIGMEN DI PT DIC GRAPHICS KARAWANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA)

MUHAMMAD YUSUP NURUL AMIN, 143010293 and Putri Mety Zalynda, DS and Wahyu Katon, DS (2019) USULAN PERBAIKAN KUALITAS PADA BAHAN UTAMA PIGMEN DI PT DIC GRAPHICS KARAWANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD YUSUP NURUL AMIN_143010293_TEKNIK INDUSTRI.pdf

Download (350kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT DIC Graphics Karawang merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang tinta cetak pigmen dan bahan kimia lainya. Saat ini PT DIC Graphics Karawang sedang menghadapi permasalahan kualitas. Ketidaksesuaian menimbulkan cacat pada produk, Kegagalan produk idealnya terdeteksi di bagian produsi namun tidak sepenuhnya produk cacat tersebut terdeteksi.Saat ini perbaikan yang dilakukan oleh perusahaan hanya menganalisis penyebab kegagalan kemudian melakukan perbaikan untuk masalah yang terjadi. Sehingga kegagalan yang sama dapat terulang. Oleh sebab itu, diperlukan rencana perbaikan yang berkelanjutan untuk mengatasi masalah tersebut.Perlu diketahui faktor prioritas perbaikan terhadap kegagalan proses dengan menggunakan analisa FMEA (Failure Mode and Effect Analysis) untuk menghilangkan efek dari failure. Dalam melakukan tahapan perbaikan , dilihat dengan perhitungan RPN (Risk Priority Number). Nilai RPN berdasarkan faktor severity, occurance, dan detection. Perbaikan dengan menggunakan perhitungan RPN dengan mengurangi nilai RPN setiap modus kegagalan berupa pengurangan jarak antara pengaduk dengan dinding bodi mesin dan pengecekan kebersihan berkala setiap sebelum proses vakum selanjutnya dengan menggunakan senter. Perbaikan menghasilkan nilai estimasi berdasarkan pendapat para ahli. Perbaikan secara berkelanjutan dilakukan dengan melihat faktor lainya yang belum diteliti. Kata kunci : Quality Improvement, Seven tools, FMEA (Failure Mode and Effect Analysis)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 09 Mar 2019 06:40
Last Modified: 09 Mar 2019 06:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41360

Actions (login required)

View Item View Item