PEMBANGUNAN APLIKASI PEMANTAU LOKASI BUS DAMRI (STUDI KASUS : TRAYEK LEUWIPANJANG – LEDENG) DI KOTA BANDUNG BERBASIS ANDROID

Igun Wiguna Saputra, 133040298 and Mellia Liyanthy, Ds and Handoko Supeno, DS (2019) PEMBANGUNAN APLIKASI PEMANTAU LOKASI BUS DAMRI (STUDI KASUS : TRAYEK LEUWIPANJANG – LEDENG) DI KOTA BANDUNG BERBASIS ANDROID. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Igun Wiguna Saputra_133040298_Teknik Informatika.pdf

Download (347kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Pengguna jasa transportasi angkutan umum Bus DAMRI di Kota Bandung terbilang cukup banyak sehingga tempat duduk penumpang pada Bus DAMRI sering kali penuh. Penumpang Bus DAMRI yang sudah berada di halte maupun di terminal kerap kali harus menunggu lama untuk naik Bus DAMRI karena kedatangan bus tidak sesuai dengan jadwal. Agar penumpang bus tidak terlalu menunggu lama akan kedatangan bus dan dapat mengentahui jumlah kursi penumpang yang tersedia maka akan dibuat aplikasi pemantau lokasi keberadaan Bus DAMRI berbasis android yang diharapkan bisa menjadi salah satu solusi untuk membantu menangani permasalahan yang dialami oleh penumpang. Penelitian ini dilakukan untuk merancang dan membangun aplikasi pemantauan lokasi Bus DAMRI berbasis android. Metode yang digunakan dalam pembangunan aplikasi ini menggunakan metode System Depelopment Life Cycle (SDLC) dengan model Waterfall. Tahap – tahap metode SLDC yang sudah dilakukan diantaranya menganalisis kebutuhan, desain sistem, implementasi perangkat lunak dan testing. Adapaun tahap metode SDLC yang tidak dilakukan yaitu tahap Deployment dan Maintenance karena aplikasi yang dibangun belum sampai tahap publikasi. Dalam menentukan lokasi memanfaatkan teknologi GPS (Global Positioning System) sistem navigasi menggunakan satelit dan memanfaatkan A-GPS (Assisted-Global Positioning System) untuk membantu menemukan satelit pada smartphone. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi perangkat lunak berupa aplikasi pemantauan lokasi Bus DAMRI yang diterapkan pada smarthphone android dan harus terhubung pada internet. Manfaat dari penelitian ini diharapkan menjadi solusi untuk membantu penumpang Bus DAMRI dalam mengetahui keberadaan lokasi bus dan ketersediaan tempat duduk penumpang pada bus secara realtime. Agar informasi ketersediaan tempat duduk penumpang lebih akurasi disarankan aplikasi yang dibangun terdapat fitur pembayaran elektronik. Kata Kunci: Pemantauan Lokasi, GPS, Real-Time, Metode System Depelopment Life Cycle (SDLC).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 09 Mar 2019 04:50
Last Modified: 09 Mar 2019 04:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41350

Actions (login required)

View Item View Item