PERANCANGAN KEDAI KOPI BERDASARKAN PREFERENSI KONSUMEN DAN PENDEKATAN ERGONOMI ANTROPOMETRI (STUDI KASUS : DI TIGA KEDAI KOPI KOTA CIKAMPEK)

Suparman Faizal, 133010004 and ERWIN MAULANA PRIBADI, DS (2019) PERANCANGAN KEDAI KOPI BERDASARKAN PREFERENSI KONSUMEN DAN PENDEKATAN ERGONOMI ANTROPOMETRI (STUDI KASUS : DI TIGA KEDAI KOPI KOTA CIKAMPEK). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
suparman faizal (133010004).pdf

Download (322kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

DiajarNgopi, Autentic, dan Hardtop merupakan usaha yang berfokus dibidang penjualan minuman kopi. Ketiga kedai tersebut menyediakan berbagai jenis produk minuman kopi mulai dari yang menggunakan mesin manual sampai modern. Dari ketiga kedai kopi tersebut ingin diketahui bagaimana tingkat partisipasi kalangan milenial dalam memanfaatkan kedai kopi sebagai tempat aktivitas sosial dan bagaimana rancangan kedai kopi yang memenuhi kaidah ergonomi berdasarkan tingkat partisipasi konsumen. Untuk memberikan usulan desain yang ergonomi pada ketiga kedai kopi tersebut maka digunakan pendekatan Ergonomi Partisipasi dengan metode SHIP (Sistematic, Holistic, Interdiciplin, Partisipatory) dan melakukan perancangan mengunakan antropometri, dikarenakan banyaknya pesaing sehingga dapat diketahui rancangan yang sesuai dengan keinginan konsumen dan sesuai kaidah ergonomi. Pendekatan SHIP (sistemik, holistik, interdisipliner, partisipatori) merupakan suatu kajian ergonomi yang dapat mengelola suatu aktivitas di tempat kerja. Penerapan ergonomi sebaiknya dilakukan secara sistemik, dikaji melalui lintas disiplin ilmu (interdisipliner) dan holistik serta menggunakan pendekatan partisipatori, agar semua komponen yang ada dapat diajak atau dilibatkan berpartisipasi sejak perencanaan sampai tahap pelaksanaan maupun dalam evaluasinya. Dari hasil pengolahan data diperoleh rancangan yang diinginkan oleh konsumen. Berdasarkan kuesioner maka didapatkan berbagai aktivitas sosial dan rancangan dan desain kedai kopi yang diingikan oleh konsumen yaitu; Untuk aktivitas sosial; 1. Kedai kopi sebagai tempat ngobrol bersama teman. 2. Kedai kopi sebagai tempat berkumpul komunitas. 3. Adanya penampilan (event) di kedai kopi. 4. Ruang dan tampilan kedai kopi yang sederhana. 5. Terdapat meja terpisah untuk beberapa orang. 6. Kursi satuan dan terpisah. 7. Disediakan fasilitas membuat kopi sendiri. 8. Dapat menikmati kopi di meja barista. Untuk rancangan dan desain kedai kopi yaitu; 9. Meja bulat serta ukuran yang nyaman dengan tinggi meja (69,3cm) dan lebar (135,12cm) jarak kursi 111,2. 10. Meja yang berbentuk persegi panjang dengan tinggi meja (69,3cm), panjang (225cm) dan lebar (80,4cm). 11. Kursi panjang dengan ukuran tinggi (41,3cm), panjang (245cm) dan lebar (41,8cm). 12. Kursi bulat dengan ukuran tinggi (78cm), tinggi ke pijakan (30cm) dan lebar (25,8cm). 13. Kursi senderan dengan ukuran tinggi kursi (41,3cm), diameter dudukan (41,8cm),lebar sandaran(34,4cm),lebar pinggul (38,6) dan tinggi senderan (52,4cm). 14. Meja bar dengan ukuran tinggi (106cm), lebar (60cm) dan tinggi meja barista (80cm). 15. Jarak dari meja ke meja (91.4cm), jarak kursi ke kursi (121cm), jarak pelayan dan pejalan kaki (91.4+76.2), dan jarak antara kursi bulat (34cm). Kata Kunci: Perancangan Sistem Kerja Ergonomi, Tinjauan Ergonomi Partisipasi, SHIP, Antropometri.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 09 Mar 2019 04:12
Last Modified: 09 Mar 2019 04:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41334

Actions (login required)

View Item View Item