ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM REKOMENDASI TOPIK TUGAS AKHIR MENGGUNAKAN METODE HYBRID AND ENSEMBLE-BASED RECOMMENDER SYSTEMS (Studi Kasus : Program Studi Teknik Informatika Universitas Pasundan Bandung)

Rendi Maryadi, 14.304.0183 and Sali Alas Majapahit, DS and ANGGORO ARI NURCAHYO, DS (2019) ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM REKOMENDASI TOPIK TUGAS AKHIR MENGGUNAKAN METODE HYBRID AND ENSEMBLE-BASED RECOMMENDER SYSTEMS (Studi Kasus : Program Studi Teknik Informatika Universitas Pasundan Bandung). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
RendiMaryadi_143040183_TeknikInformatika.pdf

Download (690kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Sebelum akhirnya dapat dinyatakan lulus menjadi sarjana, setiap mahasiswa harus menyelesaikan tugas akhir. Hal tersebut tentunya juga berlaku bagi mahasiswa di Teknik Informatika Universitas Pasundan. Namun tidak sedikit mahasiswa yang masih kesulitan dalam menentukan topik dari tugas akhir yang akan diteliti. Padahal ada banyak penelitian atau tugas akhir sebelumnya yang telah dilakukan oleh mahasiswa yang telah lulus terlebih dahulu yang masih dapat dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang Model Sistem Rekomendasi. Tujuan dari sistem ini adalah untuk dapat membantu mahasiswa dalam menetukan topik tugas akhir. Metode rekomendasi yang digunakan adalah hybrid and ensemble-based recommender systems(mixed), dimana dalam metode ini digabungkan dua metode rekomendasi lainnya yaitu knowledge-based recommender systems dan collaborative filtering. Hasil dari penelitian ini adalah Model Sistem Rekomendasi yang nantinya akan digunakan untuk merekomendasikan topik tugas akhir kepada mahasiswa di Teknik Informatika Universitas Pasundan. Rekomendasi diberikan berdasarkan spesifikasi pengguna dan juga riwayat matakuliah pilihan yang telah diambil oleh mahasiswa. Dalam penelitian ini, hasil rekomendasi tidak diberika secara langsung dalam bantuk “topik penelitian”, namun rekomendasi dibagi menjadi dua bentuk yang bebeda. Yang pertama, sistem merekomendasikan objek penelitian, kemudian bidang keilmuan yang disarankan. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan solusi berupa rekomendasi kepada mahasiswa yang kesulitan dalam menetukan topik tugas akhir, sekaligus mengembangkan penelitian terdahulu yang telah dilakukan sebelumnya. Kata Kunci : Rancangan, Sistem Rekomendasi, Tugas Akhir, Hybrid and ensemble-based recommender systems..

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 09 Mar 2019 03:59
Last Modified: 09 Mar 2019 03:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41331

Actions (login required)

View Item View Item