ANALISIS PENGUKURAN PRODUKTIVITAS PERUSAHAAN PEMBUATAN CAT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MARVIN E MUNDEL (Studi kasus di CV. Pandawa Agung., Depok)

DIMAS DIHANGGORO, 123010023 and Erwin M Pribadi, Ds and Iman Fimansyah, ds (2019) ANALISIS PENGUKURAN PRODUKTIVITAS PERUSAHAAN PEMBUATAN CAT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MARVIN E MUNDEL (Studi kasus di CV. Pandawa Agung., Depok). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
DIMAS DIHANGGORO, 123010023, TEKNIK INDUSTRI.pdf

Download (916kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

CV. Pandawa Agung merupakan perusahaan yang bergerak dibidang produksi cat. Berdasarkan laporan biaya produksi bulanan perusahaan, terdapat beberapa bulan dimana jumlah produksi tidak memenuhi target produksi serta biaya produksi seperti biaya bahan baku mengalami kenaikan dengan jumlah produksi mengalami penurunan.. Oleh karena itu perusahaan perlu melakukan pengukuran produktivitas untuk mengetahui perkembangan produktivitas perusahaan. Model pemecahan masalah yang digunakan adalah metode Marvin E mundel. Dari pengukuran produktivitas parsial didapat pada indeks material cenderung mengalami peningkatan apabila dibandingkan dengan periode awal pengukuran.. Sedangkan indeks produktivitas depresiasi, tenaga kerja dan energi cenderung mengalami penurunan. Pada indeks produktivitas total dapat dilihat nilai indeks produktivitas tertinggi pada bulan mei 2017 sebesar 140,45%, sedangkan indeks produktivitas terendah pada bulan september 2017 sebesar 37,70%. Dari hasil analisis pengukuran produktivitas serta wawancara dengan pihak perusahaan didapatkan permasalahan yang menyebabkan terjadinya penurunan produktivitas. Permasalahan yang menyebabkan terjadinya penurunan produktivitas digambarkan menggunakan diagram Fishbone serta diberikan usulan perbaikan menggunakan 5W+1H sehingga dapat meningkatkan produktivitas perusahaan dari segi performansinya. Kata kunci : Cat, Produktivitas, Input, Output, Marvin E Mundel, Fishbone Diagram.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 09 Mar 2019 02:31
Last Modified: 09 Mar 2019 02:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41319

Actions (login required)

View Item View Item