Nurhalimah Fitriani, NPM. 168060012 (2019) PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SERTA DAMPAKNYA PADA MOTIVASI BELAJAR SISWA MTs. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
Text
Nurhalimah Fitriani_MPM - Copy.docx Download (90kB) |
Abstract
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman matematis serta motivasi belajar siswa melalui pendekatan Open-Ended dan Pendekatan Open-Ended dengan strategi AIR (Auditory, Intellectually, and Repetition). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Irfan Purwakarta, sampelnya 3 kelas yang dipilih secara acak kelas dari kelas VIII MTs Al-Irfan Purwakarta. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes uraian dan angket motivasi belajar siswa. Berdasarkan pengolahan dan analisis data yang menggunakan Software SPSS 21.0 for Windows disimpulkan, 1) Peningkatan ekmampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan pembelajaran Open-Ended dengan strategi AIR lebih baik daripada yang menggunakan pendekatan Open-Ended dan konvensional. (ditinjau dari KAM tinggi,sedang, rendah); (2) Terdapat hubungan yang positif antara kemampuan pemahaman matematis siswa dengan motivasi belajar siswa di kelas yang menggunakan pendekatan Open-Ended dengan strategi AIR dan kelas konvensional; (3) terdapat pengaruh kemampuan pemahaman matematis siwa terhadap motivasi belajar siswa; (4) motivasi belajar siswa yang menggunakan pendekatan Open-Ended dengan strategi AIR lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan pendekatan Open-Ended dan konvensional. Kata Kunci : Pendekatan Open-Ended, Model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, and Repetition), Kemampuan Pemahaman Matematis, Motivasi Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018 |
Depositing User: | asep suryana |
Date Deposited: | 08 Mar 2019 07:53 |
Last Modified: | 08 Mar 2019 07:53 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41252 |
Actions (login required)
View Item |