NOVI YULVINA, 145030114 (2019) PEMBELAJARAN MEMERANKAN ISI FABEL DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 LEMBANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
pdf Cover.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
pdf Lembar Pengesahan.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
pdf abstrak bahasa Indonesia.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
pdf abstrak bahasa inggris.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
pdf abstrak bahasa sunda.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
pdf BAB I.docx.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
pdf BAB II.pdf Download (523kB) | Preview |
|
|
Text
pdf BAB III.pdf Download (577kB) | Preview |
|
Text
pdf BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
pdf BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
|
Text
pdf Daftar Pustaka.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan peserta didik dalam berbicara atau memerankan isi fabel. Berbicara merupakan salah satu aspek berbahasa yang bersifat aktif dan representatif. Dikatakan representatif karena kegiatan berbicara merupakan cerminan sisi psikologis dari individu yang melakukan kegiatan tersebut. Metode Role Playing adalah metode pembelajaran yang aktif dan produktif. Metode ini dilaksanakan dengan cara berkelompok. Oleh karena itu, peneliti tertarik melakukan penelitian yang berjudul “Memerankan Isi Fabel dengan Menggunakan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Lembang Tahun Pelajaran 2017/2018”. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode True Eksperimental Design dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, uji coba, tes dan analisis. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan keberhasilan. Peneliti mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran memerankan isi fabel, dapat dibuktikan dari hasil penilaian guru Bahasa Indonesia mengenai persiapan dan pelaksanaan pembelajaran. Peneliti mendapatkan nilai rata-rata 3,66 dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran memerankan isi fabel dengan menggunakan metode Role Playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Peserta didik mampu memerankan isi fabel, dapat dibuktikan dari hasil tes awal pada kelas kontrol dengan rata-rata 51,20 dan hasil tes akhir pada kelas kontrol dengan rata-rata 67,40. Perbedaan pada kelas kontrol menunjukkan selisih 16,2. Kemudian hasil tes awal pada kelas eksperimen dengan rata-rata 52,00 dan hasil tes akhir pada kelas eksperimen dengan rata-rata 76,60. perbedaan pada kelas eksperimen menunjukkan selisih 23,6. Metode Role Playing efektif digunakan di kelas VII SMP Negeri 2 Lembang. Peneliti menyimpulkan penelitian tersebut menunjukkan keberhasilan. Kata Kunci : Pembelajaran, Memerankan isi teks fabel, Metode Role Playing.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 08 Mar 2019 07:10 |
Last Modified: | 08 Mar 2019 07:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41235 |
Actions (login required)
View Item |