Dini Elia Khairunnisa, NPM : 178060017 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURESTERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA DITINJAU DARI WAKTU BELAJAR. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan pascasarjana.
Text
178060017 Dini - Artikel Tesis.docx Download (22kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran CUPs. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Campuran (Mixed Method) desain Penyisip (The Embedded Design).Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Rancaekek tahun ajaran 2018/2019. Adapun sampel penelitiannya adalah X Mia-7 sebagai kelas eksperimen pagi, X Mia-6 sebagai kelas eksperimen siang, X Mia-4 sebagai kelas kontrol pagi, dan X Mia-1 sebagai kelas kontrol siang. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket skala disposisi matematis, lembar observasi, dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran CUPs lebih baik daripada siswa dengan penerapan pembelajaran konvensional; 2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan penerapan waktu belajar pagi hari lebih baik daripada siswa yang belajar siang hari, 3) Disposisi matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran CUPs tidak lebih baik daripadasiswa dengan penerapan pembelajaran konvensional; 4) Disposisi matematis siswa dengan penerapan waktu belajar pagi hari lebih baik daripada siswa yang belajar siang hari. Kata kunci:Model PembelajaranConceptual Understanding Procedures (CUPs), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Disposisi Matematis, Waktu Belajar
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018 |
Depositing User: | Mrs Lusiawati - |
Date Deposited: | 08 Mar 2019 04:02 |
Last Modified: | 08 Mar 2019 04:02 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41219 |
Actions (login required)
View Item |