STRATEGI BERSAING JASA PENGIRIMAN SURAT DAN PAKET PADA PT. POS INDONESIA (STUDI PADA PT. POS INDONESIA REGIONAL V BANDUNG)

Panji Ulum, NPM : 178010003 (2019) STRATEGI BERSAING JASA PENGIRIMAN SURAT DAN PAKET PADA PT. POS INDONESIA (STUDI PADA PT. POS INDONESIA REGIONAL V BANDUNG). Thesis(S2) thesis, Perpustakaan pascasarjana.

[img] Text
Artikel Publikasi - PANJI ULUM - 178010003.docx

Download (44kB)

Abstract

Bisnis tidak akan berjalan dengan baik jika tidak didukung dengan strategi bersaing yang tepat. Untuk mampu bertahan dalam persaingan dunia bisnis maka harus mampu menerapakan strategi yang berbeda dari yang lain. Salah satu sektor bisnis yang menghadapi persaingan sangat ketat adalah bisnis jasa pengiriman surat dan paket. Seiring dengan besarnya kebutuhan masyarakat akan pengiriman barang, menjadi sebuah celah yang menguntungkan bagi para pelaku bisnis jasa pengiriman. Penelitian ini ingin mengetahui strategi bersaing jasa pengiriman surat dan paket yang diterapkan oleh PT. Pos Indonesia Regional V Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis Strategi Bersaing jasa pengiriman surat dan paket pada PT. Pos Indonesi Regional V Bandung. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena dan konteks dalam strategi bersaing jasa pengiriman surat dan paket. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, karena fokus penelitian ini untuk mengkaji dan menganalisis strategi bersaing jasa pengiriman surat dan paket sesuai dengan kondisi kontekstual yang relevan dengan situasi dilapangan tanpa adanya manipulasi. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Pos Indonesia Regional V Bandung yang beralamatkan di Jalan Pahlawan No. 87, Kelurahan Sukaluyu, Kecamatan Cibeunging Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi Bersaing yang diterapkan oleh PT. Pos Indonesia meliputi 3 bagian yaitu Low Cost Strategy, Differentiation Strategy dan Focus Strategy. Penggunaan low cost strategy didasarkan pada kondisi anggaran, kinerja serta pemasaran yang dilakukan oleh PT. Pos Indonesia Regional V Bandung. Dengan memanfaatkan kelebihan dan kekuatan yang dimiliki perusahaan dapat menjalankan strategi ini dengan efektif dan efisien. Differentiation Strategy digunakan dengan menciptakan perbedaan dan keunikan tersendiri dibandingkan pesaing. Dimensi strategi ini melibatkan beberapa bagian yaitu Citra Merek, Penggunaan Teknologi, Inovasi Produk dan Layanan, Layanan Pengguna serta Sebaran Outlet. Sedangkan Focus Strategy dikembangkan untuk membangun keunggulan bersaing dalam segmen yang lebih sempit. Penerapan strategi ini didasarkan pada kondisi pangsa pasar, pesaing yang tidak tertarik pada pasar tersebut serta potensi pertumbuhan yang baik. Strategi ini menjadikan PT. Pos Indonesia lebih fokus dalam menawarkan layanan jasa pengiriman surat dan paket pada segmen tertentu. Berdasarkan hasil penelitian ini diajukan saran kepada manajemen PT. Pos Indonesia Regional V Bandung agar dalam menentukan pilihan strategi dapat mempertimbangkan berbagai kekuatan dan kelemahan , peluang serta ancaman yang dihadapi oleh PT. Pos Indonesia. Selanjutnya dalam pengaplikasian strategi dilapangan agar diupayakan membangun sinergitas yang baik antar seluruh anggota serta pimpinan melakukan evaluasi secara berkala terkait pengiriman surat dan paket.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 08 Mar 2019 02:40
Last Modified: 08 Mar 2019 02:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41210

Actions (login required)

View Item View Item