STUDI KOMPARATIF TENTANG TATA KELOLA IMPLEMENTASI KURIKULUM NASIONAL 2013 DAN KURIKULUM INTERNATIONAL BACCALAUREATE (Kajian pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SD Nurukl Aulia dan Bandung Independent School)

FIKA TRESNAWATI, NPM: 158020102 (2019) STUDI KOMPARATIF TENTANG TATA KELOLA IMPLEMENTASI KURIKULUM NASIONAL 2013 DAN KURIKULUM INTERNATIONAL BACCALAUREATE (Kajian pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SD Nurukl Aulia dan Bandung Independent School). Thesis(S2) thesis, Perpustakaan pascasarjana.

[img] Text
Artikel Fika Tresnawati.docx

Download (292kB)

Abstract

Fokus dalam penelitian ini adalah mengenai studi komparatif tentang tata kelola implementasi kurikulum nasional 2013 dan kurikulum internasional baccalaureate pada dua sekolah dasar di Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi analisis persamaan dan perbedaan kurikulum Nasional 2013 revisi 2017 dan kurikulum International Baccalaureate, persamaan dan perbedaan dari kedua kurikula serta persamaan dan perbedaan dari penetapan tujuan masing-masing kurikulum. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan kurikulum khususnya kajian mengenai tata kelola manajemen kurikulum sebagai jantungnya pendidikan. Secara praktis, penelitian ini diharapkan akan memberikan kontribusi positif mengenai pentingnya memahami pelaksanaan manajemen pendidikan oleh kepala sekolah dan guru dalam implementasi kurikulum baik Nasional maupun Internasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan studi dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yakni kepala sekolah, koordinator kurikulum dan guru, sedangkan sumber data sekunder berupa dokumentasi yang berhubungan dengan implementasi kurikulum nasional 2013 dan kurikulum internasional Baccalaureate. Pengujian keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi dan member check. Hasil penelitian yang diperoleh ialah: 1). Kondisi analisis dari kedua kurikula terhadap persamaan dan perbedaan yang dianalisa melalui beberapa standar yaitu; standar isi, standar proses, standar penilaian, standar pendidik dan tenaga kependidikan serta standar sarana dan prasarana. 2). Persamaan dan Perbedaan dari kurikulum 2013 dan kurikulum International Baccalaureate dari segi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan evaluasi memiliki perbedaan yang sangat mencolok dan persamaan yang signifikan. 3). Persamaan dan Perbedaan dari kurikulum 2013 dan kurikulum International Baccalaureate melalui penetapan tujuan yang merupakan titik awal dari semua proses yang akan dilakukan sehingga tercapai tujuan yang telah ditetapkan dimana masing-masing kurikulum memiliki persamaan untuk menghasilkan siswa-siswi sebagai pembelajar sepanjang masa yang siap menghadapi segala tantangan global di masa depan. Kata kunci: Manajemen Pendidikan, Manajemen Kurikulum, kurikulum 2013, kurikulum International Baccalaureate (PYP)

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 06 Mar 2019 09:50
Last Modified: 06 Mar 2019 09:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41193

Actions (login required)

View Item View Item