PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN PEMBANTU PRODUKSI GULA DAN PEMILIHAN SUPPLIER (STUDI KASUS : PT PG RAJAWALI II UNIT PG JATITUJUH MAJALENGKA)

FIKRI TAUFIKURROHMAN, 143010116 and Sutarman, DS and Nurman Helmi, ds (2019) PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN PEMBANTU PRODUKSI GULA DAN PEMILIHAN SUPPLIER (STUDI KASUS : PT PG RAJAWALI II UNIT PG JATITUJUH MAJALENGKA). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Fikri Taufikurrohman_143010116_Teknik Industri.pdf

Download (596kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengendalian persediaan bahan pembantu yang dipakai untuk pembuatan gula di PT PG Rajawali II unit PG Jatitujuh dengan menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ) Multi Item dengan batasan modal serta perencanaan pemilihan supplier dengan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data sekunder yang diperoleh langsung dari perusahaan. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ) dengan batasan modal dan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP). Hasil dari analisis membuktikan bahwa apabila perusahaan menerapkan metode Economic Order Quantity (EOQ) Multi Item dengan batasan modal dan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) maka perusahaan tetap dapat memenuhi permintaan meski dengan modal terbatas dengan rincian dalam satu kali pemesanan yaitu : Kapur (63.895,4697 Kg), Belerang (12.424,1368 Kg), Asam Phospat (5.324,6754 Kg), Floculant (283,9861 Kg) serta dapat menemukan supplier terbaik dari hasil pembobotan prioritas pada perhitungan AHP dimana supplier yang paling direkomendasikan untuk dipilih yaitu : PT Rajawali Nusindo. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, maka sebaiknya PT PG Rajawali II unit PG Jatitujuh menerapkan metode Economic Order Quantity dengan batasan modal dalam menentukan kuantitas pembelian bahan pembantu yang optimum sehingga dapat meminimalkan total biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan setiap tahunnya serta menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam menentukan pemilihan supplier. Kata Kunci : Economic Order Quantity (EOQ), Analitycal Hierarchy Process (AHP), Bahan Pembantu.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 06 Mar 2019 08:32
Last Modified: 06 Mar 2019 08:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41190

Actions (login required)

View Item View Item