ANALISIS POTENSI BAHAYA PADA PROSES PEMBUATAN BADAN MESIN SCREW CONVEYOR CY 15 DENGAN MENGGUNAKAN METODE HAZARD AND OPERABILITY STUDY (HAZOPS) (STUDI KASUS : PT. KERTA LAKSANA CIMAHI)

CHOLIK KURNIAWAN, 143010166 and Apep Rachmat, DS and Edi Gunadi, DS (2019) ANALISIS POTENSI BAHAYA PADA PROSES PEMBUATAN BADAN MESIN SCREW CONVEYOR CY 15 DENGAN MENGGUNAKAN METODE HAZARD AND OPERABILITY STUDY (HAZOPS) (STUDI KASUS : PT. KERTA LAKSANA CIMAHI). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Cholik Kurniawan_143010166_Teknik Industri.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah suatu program yang dibuat pekerja maupun perusahaan sebagai upaya mencegah timbulnya kecelakaan akibat kerja dengan cara mengenali hal yang berpotensi menimbulkan kecelakaan dan penyakit akibat kerja serta tindakan antisipasi apabila terjadi kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Tujuanya adalah untuk menciptakan tempat kerja yang aman dan sehat sehingga dapat menekan serendah mungkin resiko kecelakaan dan penyakit. Keadaan ini akan berdampak pada penurunan kinerja perusahaan. Metode yang dipakai dalam menyusun laporan tugas akhir ini adalah hazard and operability study (HAZOPS) sebagai study keselamatan yang sistematis, berdasarkan pendekatan sistematik ke arah penilaian keselamatan dan proses pengoprasian peralatan yang kompleks atau proses produksi. Tujuanya untuk mengidentifikasi kemungkinan bahaya yang muncul dalam fasilitas pengelolaan di perusahaan dan menghilangkan sumber utama kecelakaan, seperti rilis beracun, ledakan dan kebakaran. Dari hasil pengamatan mendapatkan beberapa gambaran potensi bahaya selanjutnya diolah menghasilkan beberapa masukan yang berkaitan dengan sikap pekerja dan menggunakan alat pelindung diri yang tidak digunakan dengan baik saat bekerja. Perusahaan harus lebih memberikan perhatian khusus untuk para pekerja agar lebih disiplin lagi dalam sikap bekerja dan penggunaan alat pelindung diri (APD) dengan baik dan benar. Tujuanya jika angka kecelakaan kerja kecil dapat menguntungkan diri senidiri dan menguntungkan bagi perusahaan. Masalah keselamatan dan kesehatan kerja secara umum di PT. Kerta Laksana masih perlu mendapat perhatian. Data kecelakaan kerja yang pernah terjadi baik bersifat ringan maupun ekstrim menunjukan bahwa bahwa kecelakaan kerja pernah terjadi pada tahun 2016 di perusahaan tersebut. Pencegahan kecelakaan merupakan hal yang vital dalam perusahaan yang apabila di abaikan akan mengakibatkan kerugian manusia dan perusahaan. Tujuan dari pengamatan ini yaitu untuk mengetahui potensi bahaya yang ada di bagian proses pembuatan badan mesin screw conveyor cy 15, tujuan tersebut untuk membantu perusahaan dengan memberikan usulan dalam meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja sehingga dapat meningkatkan produktifitas dalam bekerja. Kata Kunci : Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Hazard and operability study.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 06 Mar 2019 08:13
Last Modified: 06 Mar 2019 08:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41185

Actions (login required)

View Item View Item